Nasi Lengko, Sajian Primadona Rakyat Cirebon

367

Cirebon,demosmagz.com – Cirebon memang dikenal sebagai daerah yang memiliki sejumlah makanan khas yang tidak boleh dilewatkan. beberapa survei bahkan menyatakan bahwa daya tarik wisatawan lokal mengunjungi Kota Udang itu karena ingin mencoba berbagai sajian khas dari Cirebon. tak ayal, disepanjang jalan di kota dan kabupaten Cirebon beberapa makanan khas pun mudah ditemui.sebut saja Nasi Jamblang, Empal Gentong, Tahu Gejrot dan tentunya Nasi Lengko.

Lengko memang memiliki pangsa pasarnya sendiri, selain wisatawan lokal lengko sangat digemari oleh para pelajar atau mahasiswa. hal ini dikarenakan harga nasi lengko yang tergolong murah dan sangat pas di kantong mahasiswa ataupun pelajar. tapi tunggu dulu, banyak juga dari kalangan menengah atas yang memfavoritkan sajian yang satu ini. sebab walaupun murah dan sangat sederhana lengko memang sangat nikmat untuk disantap.

Nasi Lengko

Dari beberapa literatur disebutkan bahwa nama lengko sendiri adalah serapan dari kata langka yang dalam bahasa Cirebon berarti tidak ada. ada juga yang menganggap bahwa arti lengko berasal dari kata lekoh yang artinya kental.  makanan ini diciptakan oleh masyarakat Cirebon oleh sebab prihatin atas kondisi sulit setelah zaman kemerdekaan. dari beberapa pula disebutkan bahwa pertama kali lengko dijual adalah di pasar mambo Jalan Lawanggada Kota Cirebon. sebelum akhirnya meluas ke beberapa derah sekitar Cirebon seperti Indramayu,Kuningan, Majalengka dan bahkan hingga ke Brebes dan Tegal.

Lengko memang terkenal dari kesederhanaanya, bayangkan isi dari panganan yang satu ini hanyalah nasi yang diberi tempe,tahu,toge, timun dan ditaburi oleh kucai serta bawang goreng. kemudian baluri oleh kecap dan juga saus kacang, tak jarang penjual juga memberi krupuk untuk menambah kenikmatan nasi lengko. Seporsi nasi lengko ini hanya dibandrol sekisar Rp.5000 hingga Rp.7000 saja. lengko akan semakin nikmat jika di makan dengan gorengan atau telur dadar. sungguh makanan ini benar-benar menjadi primadona seluruh masyarakat Cirebon.(Wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY