Nasi Jamblang, Berawal Dari Buruh Hingga Menjadi Simbol Kuliner

223


Demosmagz.com – Sobat demagz yang asli Cirebon atau sekedar berkunjung ke kota wali ini pasti akan sangat mengenal makanan yang satu ini, makanan ini memang sangat di kenal khas Cirebon yaitu Nasi Jamblang. Nasi yang identik dengan bungkus daun jatinya itu memang sangat melekat dengan ikon kota udang tersebut.

Makanan yang memang berasal dari daerah jamblang ini ternyata punya sejarah yang panjang. Banyak versi memang, tentang makanan ini tapi usut punya usut  ternyata nasi jamblang sudah ada jauh sebelum jaman kemerdekaan.

Awalnya nasi jamblang adalah makanan yang diberikan salah satu pengusaha pribumi bernama Haji Latief untuk para buruh pabrik di daerah sekitar Gempol. Para buruh yang mendapat makanan berisi berbagai macam lauk pauk dan dibungkus daun jati itupun membuat para buruh senang. Nasi Jamblang pertama inipun kemudian menjadi bahan pembicaraan banyak orang terutama buruh ketika itu.

Seiring berjalanya waktu, di generasi kesekian dari Haji Latif, Nasi Jamblang pun mulai menjadi makanan yang disukai semua kalangan. Sekarang ini nasi jamblang sudah diperjualbelikan dan sangat diminati masyarakat . Hingga saat ini, nasi jamblang menjadi makanan yang wajib di coba saat para pelancong singgah di Cirebon. Nasi Jamblang bahkan sudah di kenal di seluruh Indonesia sebagai simbol makanan paling khas dari Cirebon.

Powered by WPeMatico

TIDAK ADA KOMENTAR