Menikmati Balakutak Cirebon, Si Hitam Legam yang Menggoda

618


Cirebon, demosmagz.com – Orang Cirebon mana yang tak hafal dengan makanan yang satu ini. Aromanya yang khas ditambah rupanya yang sulit dilupakan, membuat sebagian pencintanya selalu mendambakan makanan khas pantura ini setiap saat. Apa lagi kalau bukan balakutak? Namanya bagi sebagian orang baru mendengar mungkin terdengar menggelitik. Tapi, tunggu sampai sobat demagz mencoba dan merasakan si hitam legam dari cirebon ini

Balakutak adalah makanan yang berasala dari cumi. Ada beberapa jenis cumi yang sering dipakai untuk membuat resep masakan ini. seperti cumi Jarum, Cumi Calamari ataupun tentu saja cumi balakutak. Berbeda dengan makanan olahan cumi lainya yang membuat balakutak ini begitu diingat sudah tentu warna dan rasanya.

Betul sekali, balakutak dimasak dengan tanpa memisahkan tinta cuminya terlebih dahulu. Karena itulah paduan warna hitam pekat dari cumi akan membaluri setiap sudut cumi ini. karena tintanya lah blakutak ini memiliki rasa yang begitu istimewa. Bagi sobat yang baru pertama kali melihatnya jangan ogah untuk mencicipinya dulu ya, sebab rasa balakutak ini sangat menggoda.

Balakutak ini biasanya hadir pula pada pilihan nasi jamblang. Seperti diketahui nasi jamblang juga adalah makanan khas Cirebon yang sudah termahsyur ke seantero Indonesia, dan balakutak ini adalah pilihan tepat jika sobat berkesempatan mencicipi nasi jamblang ini.(wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY