Mengukur Potensi E-Commerce di Indonesia

151

Demosmagz.com – Potensi pangsa pasar e-commerce memang sudah tidak diragukan lagi, pertumbuhan yang sangat pesat dibanding tahun-tahun lalu telah menjadikan e-commerce ini digandrungi oleh masyarakat. Kemudahan yang ditawarkan untuk bertransaksi online serta harga yang cenderung lebih murah adalah kelebihan yang dimiliki e-commerce.

Dilansir dari riset MARS, Total populasi Indonesia berjumlah 255,4 juta jiwa yang terbagi menjadi masyarakat perkotaan sebanyak 44.1% dan masyarakat pedesaan 55.9%. Namun Internet baru digunakan oleh 35.4% (90.5 juta jiwa) dari populasi dengan pembagian masyarakat perkotaan sebanyak 51.5% dan masyarakat pedesaan 22.7%. Akan tetapi tidak semua pengguna internet melakukan belanja online, karena hanya 29% orang (26.3 juta jiwa dari total yang koneksi internet) yang memanfaatkan internet untuk berbelanja online. Dengan kata lain, dari seluruh populasi masyarakat Indonesia, hanya 39% masyarakat perkotaan dan 11.1% masyarakat pedesaan yang melakukan belanja online.

Berbebelanja online memang tidak hanya berbentuk website saja tapi banyak yang menggunakan akun media sosial sebagai perantara jual-beli. Bisa dikatakan hampir semua orang yang mengakses internet memiliki setidaknya satu akun di media sosial. Namun media sosial mana yang paling banyak digunakan? Ternyata Facebook sangat mendominasi masyarakat Indonesia dengan persentase 93.5%, Instagram 43.3%, Google+ 44.2%, Twitter 39.2%, Path 19.2%, dan LinkedIn 5.6%.

Sudah mulai naik daunnya e-commerce ini membuka peluang sebesar-besarnya bagi penjual barang yang ingin menjual barangnya, Pakaian masih menjadi nomor satu dalam transaksi online disusul oleh aksesoris, sepatu, tiket perjalanan, handphone dan lainnya.

Tentunya ada kelemahan dalam berbelanja online seperti barang tidak bisa dicoba, resiko penipuan, ongkos kirim mahal, pengirimannya lama, serta kualitas barang yang tidak sesuai. Di era ini peluang untuk menjual barang sangat mudah serta banyak inovasi yang muncul kedepannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY