Menguak Bendera Macan Ali, Makna di Balik Bendera Kebesaran Cirebon

3957
Bendera macan ali

Cirebon, demosmagz.com – Bendera Macan Ali merupakan bendera kebesaran Cirebon. Sebagai lambang kerajaan dan semangat perjuangan islam bendera ini juga pernah berkibar ketika perang-perang besar melawan penjajah.Bendera ini di buat oleh Syarif Hidayatullah dan diturunkan hingga sekarang. Bendera Macan Ali dipatenkan menjadi milik keraton kanoman berdasarkan dari silsilah keturunan dan di setiap tahunnya dikibarkan saat acara panjang jimat.

Makna dari bendera Macan Ali ialah sebagai kalimat syahadat, kemudian terdapat dua bintang, lambang pedang, tulisan kaligrafi yang disamarkan pada gambar macan, dan inkripsi ayat al-Qur’an.

“Bendera Macan Ali bermakna sebagai kalimat syahadat, mengayomi keseluruhan sebagai umat kanjeng nabi umat muslim harus mengakui syahadat.” Ucap Pangeran Adipati Qadiran saat ditemui di kediamannya di keraton Kanoman Cirebon.

Salah satu Kaligrafi Macan Ali

Konsep macan ali merupakan adaptasi dari pengaruh budaya Persia (Iran), wujud singa dipakai sebagai kalimat-kalimat yang mengagungkan Saidina Ali atau Syekh Dana Ali di Cirebon menyebutnya dengan macan.

Pemakaian bendera Macan Ali haruslah berhati-hati, sebab dalam lambang bendera terdapat kaligrafi bertuliskan ayat al-Qur’an. Yang bermakna sakral bahwa Allah Yang Maha Kuasa. Karena bukan sekedar gambar biasa, pemakaiannya pun jangan sampai salah.

keraton kanoman cirebon

“Harus hati-hati, karena lambang macan ali itu kaligrafi kalau dipakai misalnya, terus ke kamar mandi, kemudian digunakan untuk perbuatan yang nggak baik itu yang saya takutkan apalagi sampai jatuh ke bawah dan terinjak saya akan marah.” Ujarnya.

Terkait gambar pada Laskar Macan Ali, Pangeran Adipati Kadiran mengatakan bahwa itu bukan Macan Ali, melainkan singa barwang yang sudah dinobatkan oleh keraton Kasepuhan.

“Terkait laskar Macan Ali saya itu bisa menuntut bukan karena mereka bicaranya itu punya Cirebon, tapi pengakuan orang Cirebon itu seperti apa  yang sekarang beredar itu salah besar itu gambarnya bukan macan ali, tapi singa barwang.” Ucapnya.

Bendera macan ali akan dikibarkan satu tahun sekali sebagai bentuk perayaan hari lahirnya nabi Muhammad saw. Tepatnya saat panjang mios di bangsal keraton Kanoman. Bendera tersebut dikibarkan, kemudian dibukanya pintu lawang abang dan masyarakat dapat memasuki area keraton. (ade)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY