Mengenal Tari Topeng Losari, Persembahan Menarik dari Timur Cirebon

503
Tari topeng Losari
Tari Topeng Losari

Cirebon demosmagz.com – Cirebon memang memiliki segudang kebudayaan, baik kota maupun kabupatennya selalu memiliki nilai keragaman yang mesti dilestarikan. Nah dari sekian banyak keragaman yang dimiliki Cirebon adalah Tari Topeng. Sudah bukan rahasia umum lagi jika tarian yang satu ini sangat menggambarkan Cirebon. Siapa saja yang berkunjung ke Cirebon baik dari kalangan pejabat ataupun wisatawan biasa akan sangat disayangkan jika berkunjung tanpa menyaksikan langsung pertunjukan tari topeng.

Akan tetapi tari topeng sendiri memiliki banyak corak ataupun jenisnya. Salah satu dari sekian banyak jenis tari topeng adalah tari Topeng Losari. Dari namanya sobat demagz pasti sudah menduga bahwa tari Topeng Losari berasal dari daerah Losari. Ya! Betul sekali Losari adalah salah satu kecamatan paling timur di Cirebon sekaligus di Jawa Barat. Sebetulnya di Brebes Jawa Tengah pun kita juga dapat menemukan Kecamatan Losari. Letaknya pun berada di paling barat jawa tengah. Itu artinya Kecamatan Losari memang terbagi menjadi dua Losari Jabar dan Losari Jateng.

Tari topeng Losari sendiri memang lebih identik berasal dari Losari Cirebon. Mengingat tari topeng memang berasal dari daerah penghasil rebon itu. Hanya saja tari topeng Losari memang memiliki gerakan-gerakan khusus yang sulit ditemui di Tari Topeng Cirebon pada umumnya. Banyak kalangan juga menilai bahwa ada sentuhan jawa Tengah di gerakan tari Topeng Losari.

Salah satu Gerakan unik Tari topeng losari

Salah satu yang paling membedakan adalah tari topeng losari memiliki dua gerakan khas, Galeyong dan gantung sikili. Galeyong sendiri adalah gerakan memutar badan ke belakang.,Gerakan ini hampir mirip dengan gerakan kayang. Sebuah gerakan yang mungkin tidak akan kita temui bukan di tari topeng Cirebon biasanya. Selain Galeyong ada lagi gerakan gantung sikil,  gerakan yang satu ini adalah gerakan  menari dengan posisi berdiri dan mengangkat satu kaki. Kerennya, gantung sikil ini bisa dilakukan selama 10 menit tanpa henti.

Selain  itu biasanya tari Topeng Losari dipentaskan dengan bercerita. Hal ini disebut dengan lakonan. Biasanya dalam tari Topeng Losari mengambil cerita tentang Panji Sutawinangun. Terlebih lagi topeng yang digunakan si penari sedikit berbeda. Topeng yang digunakan tak memiliki lubang sama sekali. Bahkan di hidung ataupun mata Topeng Losari tidak mengadirkan lubang. Selain itu topeng pun ditaruh disebuah kotak yang memang ditempatkan diatas panggung.

Memang cukup sulit untuk menemukan pertunjukan tari Topeng Losari saat ini. Akan tetapi di Losari Jabar maupun Losari Jateng masih ada beberapa sanggar yang mau untuk melestarikan tari topeng losari ini. (wiildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY