Mengenal Ricky Karanda, Pebulutangkis Jagoan Jabar Asli Wong Cerbon

1031

Cirebon, demosmagz.com – Bagi sebagian orang namanya mungkin asing terdengar, akan tetapi untuk para pecinta bulutangkis sejati nama Ricky Karanda Suwardi barangkali mudah dikenali. Bagaimana tidak, pria kelahiran tahun 1992 itu sudah sering dijadikan jagoan timnas bulutangkis di ajang-ajang Internasional.

Siapa sangka, peraih medali emas Sea Games 2015 itu ternyata asli Cirebon! ya Ricky biasa ia di sapa memang lahir di Desa Babakan Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Ricky kecil memang sudah memiliki bakat bulu tangkis sejak masa kanak-kanak. Putra dari Ayah bernama Suwardi dan Ibu bernama Herlina itu sudah sering berlatih sejak umur 8 tahun. Saat itu ayahnya menyekolahkan Ricky ke PB Nasional 94 Kota Cirebon.

Ketika bakatnya semakin menjadi, orangtua Ricky lantas meneruskan bakat anak keduanya itu ke Pusdiklat PR Tasikmalaya ketika ia baru saja menyelesaikan semester pertamanya di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Prestasinya mulai harum ketika dia yang membela Pusdiklat PR berhasil mengalahkan duta PB Djarum Kudus. Ricky yang bermain ganda Puta saat itu berpasangan dengan Ivandi dan mengalahkan pasangan Fabian/Sigit dengan skor 21-15 dan 21-17. Setelah pertandingan itu Ricky pun dibina oleh PB mutiara Cardinal Bandung. Bersama PB mutiara Cardinal Bandung ini Ricky ada di puncak performanya dan mulai menyabet gelar di kancah Internasional.

Kini Ricky Karanda Suwardi berada dalam tim Bulutangkis Jawa Barat yang saat ini tengah berlaga dalam PON ke 19. Pulang kampung barangkali itu adalah istilah yang tepat bagi perempat finalis kejuaraan paling tinggi bulutangkis dunia itu. Sebab secara mengejutkan  PB PON menganti Venue bulutangkis yang semula di Bandung menjadi di Cirebon. Tempat dimana Ricky memulai karier. Sekarang saatnya kita tunggu apakah sang putra daerah kebanggan Cirebon itu dapat mendulang emas seperti apa yang pernah ia lakukan di PON Riau empat tahun lalu. Atau justru melempem di rumah sendiri? menarik ditunggu.

Berikut prestasi Ricky Karanda Suwardi :

  • 2009 : Semi final Li-Ning Singapore International Series 2009 (bersama Budi Hartono)
  • 2010 : Semi final SUNKIST INDONESIA INTERNATIONAL CHALLENGE INDOCOCK DJARUM OPEN 2010 (bersama Agripina Prima Rahmanto Pamungkas), Semi final INDONESIA GRAND PRIX GOLD 2010 (bersama Agripina Prima Rahmanto Pamungkas), Perempat final India Grand Prix 2010 (bersama Agripina Prima Rahmanto Pamungkas)
  • 2011 : Semi final Singapore International Series 2011 (bersama Muhammad Ulinnuha), Perempat final HWASUN VICTOR Korea Grand Prix Gold 2011 (bersama Muhammad Ulinnuha), Perempat final Yonex – Sunrise Syed Modi Memorial India Open Grand Prix Gold 2011 (bersama Muhammad Ulinnuha)
  • 2012 : Juara Ciputra Hanoi Vietnam International Challenge 2012 (bersama Muhammad Ulinnuha), Perempat final SCG Thailand Open 2012 (bersama Muhammad Ulinnuha), Juara Victor Indonesia International Challenge 2012 (bersama Muhammad Ulinnuha), Semi final Yonex Sunrise Vietnam Open GP 2012 (bersama Muhammad Ulinnuha), Perempat final Yonex Chinese Taipei Open 2012 (bersama Muhammad Ulinnuha)
  • Runner Up Yonex Dutch Open 2013 Berpasangan dengan Berry Angriawan
  • Runner Up London Grand Prix Gold 2013 Berpasangan dengan Berry Angriawan
  • Semifinal YONEX SUNRISE INDONESIA OPEN 2013 Walkover
  • Runner Up Macau Open 2014 Berpasangan Dengan Angga Pratama
  • Juara OUE Singapore Open Super Series 2015 Berpasangan Dengan Angga Pratama
  • Medali Emas Sea Games Singapore 2015 Berpasangan Dengan Angga Pratama
  • Perempat final BWF World Badminton Championships 2015 Bersama Angga Pratama

 

 Dari Berbagai Sumber

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY