Mengenal Menariknya Tari Lilin Sumatera Barat

86

Demosmagz.com – Tradisi dan budaya yang Indonesia memiliki memang sudah sangat melekat. Kita tentu tahu bagaimana tiap beda daerah pasti memiliki kekayaan tradisi yang juga berbeda. Apapun itu. Kekayaan ini adalah salah satu kebanggan yang patut kita gaung kan setiap saat. Kita punya bahasa yang beragam, lagu daerah yang begitu banyak, rumah adat yang arsitekturnya ciamik sampai tarian yang memiliki gerakan-gerakan berfilosofi.

Tarian-tarian di Indonesia begitu beragam. Dari Sabang sampai Merauke semua memiliki seninya tersendiri. Termasuk tarian yang satu ini. Tari Lilin. Ya, barangkali hanya di Indonesia lilin dapat dijadikan teman menari. Menjadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah tarian yang disuguhkan didepan khalayak ramai. Menakjubkan bukan?

Tari lilin ini berasal dari Sumatera Barat. Keunikan tari ini sealu mengundang penasaran siapapun yang menyaksikannya secara langsung. Bagaimana tidak, dengan menari, para penari dapat membuat lilin tetap menyala, meski lenggokan tangan para penari terus bergerak kesana kemari. Keindahan warna api dalam lilin dan gerakan tarian yang serempak antara satu penari dengan penari lain membuat tarian ini akan selalu menjadi pertunjukan yang asik untuk di tonton

Tari lilin adalah tarian yang merupakan persembahan. Tarian ini sudah pasti diiringi oleh musik-musik yang dimainkan langsung oleh para musisi. Penari-penari itu akan membawa lilin yang menyala dan ditaruh daitas piring yang dipegang pada tiap telapak tangan mereka. mereka akan bergerak kesana kemari menarikan tarian. Mereka melakukan geraan memutar-mutar  piring yang tadi sudah ditaruh lilin menyala. Para penari tetap harus berhati-hati, sebab mereka tak boleh menjatuhkan lilin. Selain itu, jika lilin jatuh dan mengenai anggota tubuh, itu pasti sebuah resiko yang cukup berbahaya.

Tarian lilin sendiri adalah kesenian istana dan ditarikan pada waktu malam agar warna api dalam tarian lilin ini lebih terlihat dan tentu disitulah sensai dari pertunjukan ini. Asal muasal tarian ini juga memiliki cerita. Konon dahulu hiduplah seorang gadis yang ditingalkan oleh tunanganya yang berdagang dan mencari kekayaan. Ketika dalam peningalan dari tunangnya itu. Sang gadis justru kehilangan cincin tunangany. Cincin yang menjadi simbol pengikat dua sejoli tersebut. Karena merasa bersalah, gadis tersebut mencari cincinya kesana kemari hingga larut malam dengan menggunakan lilin yang ditempatkan diatas piring sebagai penerang. Nah, gerakan mencari cintin oleh si gadis itu yang membungkukn meliuk sampai menengadah untuk berdoa menjadi sebuah inspirasi sebagai sebuah tarian. Keindahan gerakan tersebut kemudian dikonversi menjai tarian. Sehinga kejadian tersebut melahirkan tarian lilin yang dikenal dikalangan gadis-gadis di desa itu

Tari lilin memang kini sudah cukup dikenal sebagai arian tradisional khas Indonesia. Sekarang, tingal tungas kita untuk dapat melestarikan tarian unik ini agar tetap bertahan ditengah era globalisasi dan membawa tarian asal Sumatera Barat ini ke kancah internasional. (wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY