Mengenal Bukit Ajimut, Saksi Bisu Perjuangan Rakyat Cirebon

5461

null
Cirebon, Demosmagz.com – Jika bicara soal bukit maneungteung barangkali masih banyak orang Cirebon yang tidak tahu dimana letak bukit yang punya sejarah di kawasan kabupaten khususnya di Cirebon Timur. Memang orang Cirebon timur sendiri lebih hafal dengan sebutan bukit ajimut ketimbang Maneungteung. Padahal Ajimut sendiri adalah kontraktor yang melaksanakan proyek pembangunan tower Telkom di bukit tersebut. bukit ini terletak di kecamatan Waled Kabupaten Cirebon.

Nahas, ya barangkali itu kata-kata yang cocok untuk menggambarkan bukit Maneungteung saat ini. Jika kita pergi kesana yang kita lihat adalah separuh dari bukit ini telah terkeruk, bagian dari bukit yang hilang ini digunakan untuk membangun tol palikanci. Padahal di situlah saksi perjuangan bangsa Indonesia.


Bukit Maneungteung atau bukit Ajimut adalah bukit yang dijadikan tempat pertempuran bangsa Indonesia melawan penjajah. Pejuang-pejuang Indonesia tak mau merelakan bukit itu di kuasai penjajah, maka terjadilah pertempuran. Untuk mengenang perjuangan itu maka dibangunlah sebuah tugu perjuanagan di puncak bukit. Lagi-lagi sayangnya tugu yang berdiri disana tak terawat dengan baik. Coret-coret disana sini membuat tugu yang menggambarkan seorang pejuang yang mengangkat senjata dengan gagah itu tak lagi elok dipandang

Kini ajimut tengah disiapkan sebagi tempat wisata, Pemkab tengah merintisnya untuk dijadikan tempat yang bisa dikunjungi untuk melepas penat sekaligus mengenang para pahlawan. Jangan salah ditempat ini juga kita dapat melihat pemandangan yang sangat indah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY