Mengapa Lampu Kendaraan Berwarna Kuning ?

369

Demosmagz.com –  Pernahkan sobat demagz berfikir bahwa mengapa kendaraan bermotor menggunakan lampu berwarna kekuningan? Ya kalau kita perhatikan lampu-lampu motor ataupun mobil yang keluaran pabrik langsung berwarna kekuningan. Ini juga makin ditambah dengan adanya undang-undang yang mengatur soal warna lampu kendaraan. Nah lalu mengapa harus warna kuning? Berikut ceritanya.

Mata kita selaku alat penglihatan dapat melihat apabila adanya pantulan cahaya dari benda yang masuk ke retina mata kita dan langsung di ejawantahkan oleh otak dengan warna juga panjang gelombang yang di pantulkan tadi. Nah, mata kita dapat menerima panjang gelombang sekisar 400 sampai dengan 700 nano meter. Biasanya mata kita gampang beradaptasi dengan sensitivitas cahaya dengan panjang maksimum 555 nano meter. Nah daerah sensitivitas inilah berada pada warna kuning.

Pada akhirnya ada timbul respon yang baik dari mata kita selaku pegendara ketika melihat lampu berwarna kuning. Lain halnya jika lampu kendaraan berwarna putih mata kita akan kurang baik dalam menerima respon akhirnya timbulah hal yang kita sebut dengan ‘silau’.

Selain itu warna kuning juga salah satu warna yang jarang kita temui di alam dan juga di jalan raya karena itulah produsen kendaraan cenderung menggunakan warna kuning agar pengendara dapat melihat jalanan dengan jelas dan untuk pengendara lain dapat dengan nyaman mengendarai kendaraan.(wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY