Mengapa Bika Ambon Bukan Berasal Dari Ambon?

221

Demosmagz.com – Banyak orang suka dengan kue yang satu ini, Tentunya ini kue asli dari Indonesia. Rasanya yang makin legit dengan bentuknya yang khas. Akan tetapi nama kue ini cukup mengundang pertanyaan besar. Kue yang dimaksud adalah Bika Ambon. Kue super enak panganan khas orang Medan. Loh kenapa Medan? Itu dia, mengapa Bika Ambon bukan dari ambon dan justru dari Medan? Padahal letak Medan dan Ambon tidak satu Provinsi bahkan berbeda pulau.

Ada banyak sekali cerita tentang asal muasal mengapa Bika Ambon bukan dari Ambon dan justru dari Medan. Salah satunya adalah cerita dimana seseorang yang pertama kali membuat Bika Ambon adalah orang yang tinggal di Jalan Ambon. Salah satu jalan di Kota Medan, karena itulah nama bikanya disebut dengan Bika Ambon.

Cerita lain menyebutkan jika Bika Ambon berasal dari sebuah daerah bernama Amplas. Daerah tersebut dahulu terbagi dua. barat dan timur. nah, untuk membedakannya, daerah barat disebut dengan daerah pabrik, karena terdapat pabrik disana. Sedangkan daerah timur dikenal dengan nama Kebon. Karena ketika itu disana terdapat kebun tembakau dan Kakao. Kue Bika tersebut dibuat oleh seorang transmigran Jawa yang berada di Medan. Ia, kemudian menjual kue buatannya. Tak terduga, kue tersebut laku keras. Sampai-sampai disukai oleh para orang Belanda. Kemudian nama kue Bika yang tengah naik daun itu dikenal dengan nama Bika Ambon. Kata ambon sendiri adalah akronim l dari nama daerah ‘Amplas Kebon’ daerah dimana transmigran asal Jawa itu membuatnya.

Cerita menarik lainnya mengenai Bika Ambon dan cukup populer di Medan adalah cerita tentang seorang  Ambon yang bekerja di Malaysia dengan membawa kue Bika.  Setelah bikanya begitu disukai, dia kemudian pulang ke Indonesia dan tidak pergi kemabali ke Ambon, melainkan ke Medan. Sejak itulah, Bika Ambon  menjadi dikenal di Medan dan menjadi makanan khasnya.

Tapi sebetulnya dari beberapa cerita diatas, tak ada satupun yang sepenuhnya benar. Masih belum bisa disebut bahwa satu dari beberapa Cerita diatas dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya. Karena itulah muncul teori baru mengenai nama ambon yang terdapat di makanan khas Kota Medan. Nama ambon menurut beberapa pihak adalah sebuah kata dari bahasa Medan yang berarti Lembut. Jadi, Bika Ambon berarti Bika Lembut.

Akan tetapi, belum bisa diterima juga teori tersebut. Banyaknya pendapat tentang asal muasal Bika Ambon dari medan sebetulnya bukti jika Indonesia kaya akan cerita. Entah cerita-cerita itu dapat dipertanggung jawabkan sebagai bagian dari sejarah, itu cerita lain. Yang jelas, Bika Ambon sudah sah menjadi makanan khas orang Medan. Rasanya akan selalu enak dan nikmat. Sampai kapanpun, Bika Ambon akan selalu bikin ketagihan siapapun orang yang mencicipinya.(Wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY