Mendagri : Daerah Harus Buat Unit Pengaduan Masyarakat

274
Menteri Dalam Negeri

Demosmagz.com – Menteri dalam Negeri Tjahjo Kumolo menghimbau agar kebocoran anggaran setiap daerah bisa di cegah. Tjahjo juga mengingatkan agar perencanaan anggaran antara pemerintah daerah dan DPRD harus duduk bersama. Membahas Anggaran daerah dengan terbuka, fokus dan memiliki skala prioritas.

Tjahjo menghimbau dalam siaran persnya agar daerah harus menerapkan pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah. Selain itu pemerintah daerah juga sebaiknya melakukan sistem pengendalian internal dengan memetakan resiko, membangun sistem pengendalian keuangan dan melakukan pengawasan internal.

Menteri dalam negeri itupun berharap adanya pengawasan manajemen keuangan dari review dokumen perencanaan sampai review dokumen anggaran pada saat sebelum menetapkan APBD. Inspektorat kemendagri dan inspektorat pusat pun menurutya harus terus melakukan pengawasan dengan fokus area yang beresiko atau rawan korupsi.

“Seperti perizinan, hibah bansos, pajak retribusi, pengadaan barang jasa dan perencanaan anggaran,” katanya seperti dikutip dilaman resmi kemendagri.

Sementara itu, pria kelahiran 1 Desember 1957 itu mengatakan bahwa Kemendagri akan memperkuat pengendalian atas kinerja inspektorat daerah untuk pengawasan akuntabilitas. Begitu juga dengan pengendalian atas kinerja satgas saber pungli di daerah.

Tjahjo juga berujar jika kemendagri akan melakukan pengendalian khusus atas rencana aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi dengan transparansi pengelolaan keuangan untuk diakses publik.

“Agar semua peruntukan keuangan telah tepat sasaran dan kebutuhan publik,” kata pria yang lahir di Surakarta tersebut.

Daerah menurutnya juga harus melakukan audit secara independen (probity audit) atas pengadaan barang dan jasa yang berpotensi penyelewengan, penggunaan anggaran dan sumber daya yang besar. Terlebih Tjahjo menekankan agar pemerintah daerah membuat unit pengaduan masyarakat.(Wildan)

Baca Juga : Tiga Hari Kedepan Ciayumajakuning di Prediksi Terus Hujan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY