Menapaki Gunung Slamet, Surga Diatas Awan dari Jawa Tengah

223

Demosmagz.com – Bagi para pencinta pendakian gunung, Nama gunung yang satu ini pasti sudah sangat dikenal. Gunung Slamet, Gunung yang memiliki tinggi 3428 Meter diatas permukaan laut itu sudah sangat masyur dengan keelokan pemandangan yang tersaji ketika kita mendakinya.

Gunung Slamet sendiri berdiri diatas lima kabupaten di Jawa tengah. Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Brebes, Banyumas, Tegal, Pemalang dan juga Banyumas. Untuk memulai pendakian sobat bisa pilih salah satu jalur yang akan ditempuh. Di gunung Slamet sendiri terdapat lima pilihan jalur pendakian yang terdiri dari Via jalur Bambangan, Via jalur Baturaden, Via jalur Kali Wadas, Via jalur Guci, Via jalur Dipajaya Pemalang.

Akan tetapi biasanya banyak pendaki memulainya dari Jalur Bambangan yang terletak di Purbalingga. Jika Sobat menggunakan trek ini untuk sampai puncak Slamet, maka setidaknya sobat akan menjumpai delapan pos. Biasanya dari awal pos Brambangan sampai dengan pos terakhir atau puncak, pendaki membutuhkan waktu rata-rata 8 hingga 9 jam.

Memang bukan hal asing lagi jika trek menuju puncak slamet bisa dikatakan cukup ekstrim. Apalagi dari pos terakhir menuju puncak. Kita akan menjumpai medan pasir berbatu yang mengharuskan pendaki berhati-hati

Akan tetapi ketika puncak slamet sudah kita tapaki, Maka segala kelelahan perjalanan terbayar. Segala kesulitan trek sudah tak dipikirkan lagi, yang tertinggal hanyalah rasa kagum terhadap keindahan pemandangan yang dapat kita lihat dari atas Slamet. Gunung-gunung lain yang menjulang berselimut awan ataupun kawah Slamet yang sangat eksotis. Benar-benar akan meyakinkan sobat bahwa Slamet adalah surga diatas awan.

Jika berkesempatan hadir kesini, kami sarankan sobat demaz untuk memilih waktu yang tepat. Baiknya sobat ke gunung slamet ketika sudah melewati musim penghujan. Selain itu bawalah pakaian hangat dan logistik yang cukup. Meski di pos tiga kita masih bisa menjumpai pedagang tetapi menyiapkan logistik sedari awal akan lebih baik. Utamakan keselamatan dan patuhi aturan-aturan yang berlaku di Slamet. Jika begitu maka menikmati panorama indah dari atap jawa tengah ini akan menjadi pengalaman paling berharga di hidup sobat.

Baca Juga :

Nikmatnya Santapan Rumbah Khas Indramayu

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY