Melihat Eksotisnya Ngarai Sianok. Serpihan Surga dari Bukit Tinggi

87

Demosmagz.com – Pesona Indonesia tak akan habis jika dibahas. Keelokan alam negeri ini nampaknya ingin selalu mengundang siapapun untuk datang dan melancong kesini. Tuhan seakan menjadikan alam Indonesia sebagai contoh surga. Betapa begitu indahnya Indonesia hingga saat ini kita masih saja menemukan sudut-sudut lain yang cocok untuk di eksplorasi.

Belum lama ini pemerintah mengeluarkan uang dengan desain baru. Seperti biasa, di salah satu sisi uang tersebut terdapat gambar pemandangan disalah satu sudut Indonesia. Salah satu yang paling mengundang perhatian publik adalah Ngarai Sianok.

Apa itu Ngarai Sianok? Ngarai sianok adalah sebuah lembah yang terdapat di Sumatera barat. Uniknya lembah ini terletak diperbatasan. Seakan memisahkan antara Kota Bukit Tinggi dan Kabupaten Agam. Lembah curam ini memanjang sepanjang 15KM dari Ngarai Koto Gadang sampai nagari Sianok. Nama kedua ditempat tersebut kemudian disatukan menjadi Ngarai Sianok seperti yang kita kenal saat ini

Tebing tebing yang berderet kokoh di Ngarai Sianok menjulang setinggi 100 meter dengan lebar 200 meter. Jangan salah keindahan Ngarai Sianok ini juga ternyata adalah patahan bumi yang berasal dari gerakan kulit bumi (sinkinal). Patahan ini sekaligus memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian. Dulu saat zaman kolonial Belanda tempat ini juga sering disebut Kerbau Sanget.  Penamaan itu disebabkan banyaknya kerbau liar yang hidup didasar jurang ngarai sianok ini.

Namun, saat 2007 silam ketika gempa melanda sumatera, sebagian tebing ngarai sianok menjadi rapuh dan runtuh. Akan tetapi kecantikan Ngarai Sianok tetap tak terelakan lagi. Meski ada beberapa tebing yang runtuh pada tahun 2007 silamtempat ini dianugerahi  Padang Tourism Award sebagai objek wisata tebaik

Selain tebing tebing tinggi nan hijau yang cantik. Ada juga batang sianok (dalam Bahasa Minangkabau batang berarti sungai) mengalir disepanjang jauh mata memandang. Air yang sangat jernih di batang sianok mengalir terus hingga bermuara di Samudera Hindia. Saking memukaunya. Tempat ini juga terkadang dijadikan media untuk melakukan olah rga air seperti arung jeram, kayak samapai kano. Mereka yang bermain di batang sianok di saranai oleh organisasi sendiri. Qurays namanya. Mereka akn mengajak pengunjung untuk turut serta menelusuri Ngarai Sianok dari ujung ke ujung selama 3 setengah jam.

Karena tempat ini begitu rimbun, maka jangan salah jika disini kita juga dapat melihat banyak sekali tumbuhan langka yang jarang ditemui. Selain itu, satwa-satwa liar pun dapat kita lihat seperti Monyet ekor panjang, siamang, rusa, babi hutan sampai jika beruntung sobat demagz bakal berjumpa denagan macan tutul. Itu semua seakan menjadi pertunjukan yang disuguhkan alam bernama Ngarai Sianok untuk para pelancong

Akses menuju kesini cukup mudah sekisar 2 jam dari ibu kota sumatera barat. Padang. Jika tak menggunakan kendaraan pribadi. Jangan khawatir ada beberapa rute transportasi umum yang bakal antar anda kesana. Harga tiket masuk ke tempat eksotis ini hanya 4 ribu rupiah. Jika anda dari luar daerah jangan khawatir. Ada banyak penginapan dekan ngarai sianok ini.

Saat ini pemandangan ngrai sianok ditampilkan di uang pecahan 2 ribu rupiah. Memang sudah sepatutnya keindahan alam Indonesia diapresiasi dengan menampilkanya di tempat tempat yang sangat mudah di lihat orang. Salah satunya ya sudah tentu di pecahan uang rupiah. (wildan)

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY