Mau Tau Rahasia Suksesnya Sistem Pendidikan Korea Selatan?

351

KOREADemosmagz.com – Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan yang terbaik, dan pemerintah Korea Selatan sendiri memang menerapkan sistem pendidikan yang disiplin. “Jika tidak jadi manusia yang unggul kami akan mati” jargon itu lah yang menjadi semangat masyarakat di Korea Selatan yang sangat mementingkan pendidikan. Lalu seperti apa dan bagaimana berjalannya sistem pendidikan di Korea?

Tidak jauh berbeda dengan Indonesia , di Korea Selatan juga pemerintah mewajibkan pendidikan 12 tahun atau minimal hingga tamat SMA . Di Korea Selatan sendiri untuk SD dan SMP semuannya ditanggung oleh pemerintah selama 9 tahun. Pendidikan SD dimulai dari kelas satu dan kelas enam dan untuk tingkat pendidikan seterusnya pun tidak jauh berbeda dengan di Indonesia.

Sekolah-sekolah tingkat SD sampai SMA di Korea Selatan dalam pembelajarannya biasa menggunakan persentasi powerpoint serta USB, di dalam kelas pun dilengkapi komputer yang bisa dihubungkan pada LCD. Dan untuk pembelajarannya sekolah-sekolah di Korea Selatan memang lebih mengutamakan menghafal rumus maka dari itu  persaingan antar siswa sangatlah ketat, untuk tingkat SMA yang akan menghadapi ujian masuk universitas mereka harus bersaing satu sama lain. Kebersihan kelas merupakan tanggung jawab para siswa, sistem pendidikan di Korea Selatan mengajarkan para siswa untuk bertanggung jawab pada kebersihan kelasnya seperti memungut sampah contohnya.

Di sekolah-sekolah tingkat SD sampai SMA di Korea Selatan pelajaran dimulai pada pukul 07.40 . Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas siswa berada disekolah sampai dengan pukul 09.00 / 10.00 malam, belum sampai disitu setelah siswa selesai di sekolahnya mereka harus mengikuti tambahan pelajaran untuk menghadapi ujian masuk universitas nanti, belum lagi para siswa juga dibebankan dengan tugas sekolah yang seharusnya para siswa istirahat dirumah.

Untuk tingkat Menengah Pertama sekolah masih memberikan toleransi memberikan belajar di sekolah pada pukul 07.40 sampai dengan pukul 04.00 sore.

Para siswa di Korea Selatan menghabiskan sebagian waktunya di sekolah, banyak siswa di Korea Selatan yang memilih cara bunuh diri akibat tidak tahan pada tekanan pembelajaran karena alasan nilai yang menurun atau tidak lulus dalam ujian masuk universitas. Mereka berfikir bahwa cara bunuh diri lah yang terbaik karena sudah tidak ada masa depan lagi bagi mereka yang mempunyai nilai buruk atau tidak lulus dalam ujian.

Bisa dibayangkan apabila sistem pendidikan seperti ini diterapkan di Indonesia ya sobat demagz? Indonesia bisa saja meyaingi Korea Selatan yang menjadi sistem pendidikan terbaik. Korea Selatan memang patut menjadi salah satu negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik tetapi alangkah baiknya jika sistem pendidikan dalam pembelajarannya bisa lebih santai dan tidak terlalu memberatkan siswanya.

Editor : Hari

Source: konsultanpendidikan.com

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY