Marak Keracunan Kerang Hijau di Cirebon, Polres Ciko Selidiki Penyebabnya

461


Cirebon, Demosmagz.com Belum lama ini fenomena keracunan kerang ijo terjadi di sejumlah wilayah di dataran Kabupaten Cirebon. Fenomena pertama terjadi di Kecamatan Suranenggala. Sebanyak 18 orang di Kecamatan tersebut harus dilarikan ke rumah sakit. Nahas, dua diantaranya harus meregang nyawa. Tidak lama kemudian warga dari kecamatan Gunung Jati dan Kecamatan Plered mendapat musibah yang sama.

Polres Cirebon Kota dalam laman resminya menginfokan saat ini tengah berupaya untuk mengetahui penyebab dari banyaknya korban keracunan karena kerang hijau. Salah satu caranya adalah dengan uji laboratorium

“Kepolisian Resor Cirebon Kota  langsung melakukan penyelidikan dengan mengecek kondisi belasan korban  selamat di Puskesmas dan Rumah Sakit Pelabuhan, juga mengumpulkan barang bukti serta uji lab.” tulis humas polres Cirebon Kota di laman resminya.

Rabu kemarin pun Polres Ciko telah menyelidiki lebih dalam apa yang menyebabkan kerang hijau yang biasa di konsumsi warga pesisir itu menjadi beracun. Salah satu caranya adalah dengan mengambil sampel kerang hijau langsung dari bawah laut.

“Kemarin Rabu (14.12) Polisi mengambil sampel kerang hijau dari bagian tengah laut, sampel kerang tersebut diambil dari tiga tempat berbeda yakni Suranenggala, Gunung Jati dan Mundu. Yang diambil tidak hanya kerang tapi juga airnya, media tanam kerang seperti tambang dan lumpur”

Polres Ciko pun lewat kapolsek gunung jati menghimbau masyarakat untuk sementara waktu tak mengonsumsi kerang hijau terlebih dahulu.

“sudah memberikan himbauan kepada melalui anggota Bhabinkamtibmas dan pihak Pemerintah Desa di Kecamatan Gunung Jati untuk sementara waktu agar menghindari olahan berbahan dasar kerang hijau”

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY