Manfaat Kecoa Dibalik Citranya Yang Terkenal Menjijikan

313
Ilustrasi Kecoa

Demosmagz.com – Selama ini kecoa dianggap binatang yang menjijikan dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Tetapi sebenarnya kecoa mempunyai manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan besarnya kerugian yang diakibatkan oleh binatang ini. Salah satunya adalah kandungan defensin dan cecropins dalam otak dan sistem syaraf kecoa merupakan beberapa senyawa yang dapat digunakan sebagai antibiotik dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit infeksi. Menurut penelitian Lee tahun 2007 menunjukkan otak serangga dapat membunuh 90% bakteri penyebab MRSA (Multi-drug Resistant Staphylococcus aureus) dan E.colli tanpa merusak sel – sel tubuh manusia.

Namun dari 9 senyawa yang ditemukan pada kecoa dan beberapa spesies serangga lain termasuk belalang, para peneliti tidak menemukan efek samping yang serius bagi manusia. Oleh karena itu temuan ini dinilai telah memberikan harapan baru dalam upaya mengendalikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri super.

Temuan ini juga sekaligus memperbaiki citra kecoa sebagai serangga yang selalu diidentikkan dengan lingkungan kotor. Padahal meski hidup di tempat sampah dan saluran pembuangan limbah, kecoa termasuk binatang paling higienis karena rajin membersihkan diri seperti halnya kucing.

Beberapa penelitian menunjukkan, bakteri jauh lebih suka hidup di kulit manusia dibandingkan di permukaan tubuh kecoa. Karena itu, mengambil makanan tanpa cuci tangan sebenarnya sama joroknya dengan menyantap makanan yang baru saja dilewati kecoa.

Kalaupun ada gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kecoa, maka yang paling bertanggung jawab adalah kotorannya. Beberapa senyawa dalam feses dan urin kecoa mengandung senyawa yang dapat memicu reaksi alergi bagi sebagian orang, berupa ruam di kulit dan reaksi lain termasuk serangan asma.

Jangan anda memukul kecoa sampai mati, Karena di dalam perut kecoa terdapat cacing halus/lembut yg tetap hidup meskipun diluar dari tubuh kecoak. Bila cacing ini sudah berada di luar dari tubuh kecoak (perut) dia akan bergerak untuk mencari tempat/indukan baru. Sangat berbahaya apabila cacing ini sampai menyentuh kulit tubuh kita (terutama kaki) karena dapat masuk melalui pori-pori kulit atau bila ada luka terbuka pada kulit luar. Akan jauh lebih baik membasmi kecoak cukup dengan menggunakan semprotan anti serangga, yang dapat membunuh kecoak tanpa harus memukul hingga mengeluarkan isi perutnya. (Kahar)

Ditulis dari berbagai sumber

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY