Manfaat ASI Ekslusif “ASI Adalah Anugrah Ilahi Yang Menjadi Hak Bayi”

317


Cirebon, demosmagz.com – Kita sering mendengar ibu diwajibkan untuk memberikan ASI Ekslusif. Pengertian ASI Ekslusif adalah pemberian ASI tanpa memberikan makanan lain pada bayi yang berusia 0-6 bulan. Dengan demikian bayi tidak diberikan tambahan cairan apapun. ASI eksklusif dianjurkan hingga usia bayi 6 bulan. Selanjutnya pemberian ASI eksklusif dapat diberikan dengan pendamping makanan ASI (MPASI),selanjutnya pemberian ASI sendiri dapat hingga usia bayi anda berusia 2 tahun.

Di Indonesia menurut Survei Demografi Kesehatan tingkat pemberian ASI eksklusif telah menurun selama dekade terakhir. Bahkan masyarakat masih khawatir apabila yang diberikan pada bayi tidak mengenyangkan sehingga pemberian ASI ditambah dengan susu formula ataupun air putih bahkan pemberian makanan pendamping ASI sebelum 6 bulan. Jelas saja ini merupakan kesalahan karena pemberian ASI eksklusif tidak seperti itu.

ASI merupakan Hak setiap bayi dan menjadi karunia seorang ibu, ASI menurut penelitian memiliki beberapa mamafaat dibandingkan Susu formula (SuFor). Bukan hanya untuk bayi, memberikan ASI eksklusif juga berdampak positif bagi ibu yang menyusui. Berikut  manfaat bagi bayi  dan ibu yang didapatkan dengan  ASI eksklusif:

  1. ASI adalah asupan yang mudah dicerna untuk pencernaan bayi yang belum sempurna (dibawah usia 6 bulan).
  2. ASI akan selalu ada pada suhu yang tepat sehingga tidak perlu dikhawatirkan akan membuat bayi terlalu panas atau dingin.
  3. Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat karena air susu ibu mengandung zat antibody yang bisa membantunya melawan segala virus dan bakteri.
  4. Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Selain itu, hubungan emosional antara ibu dan bayi yang terjadi selama proses menyusui akan memberikan efek psikologis terhadap kembang kecerdasan otak sang bayi.
  5. ASI akan membentuk berat badan bayi yang ideal, Para ahli mengemukakan bahwa ASI mengandung lebih sedikit insulin ketimbang susu formula, sedangkan insulin dapat memicu pembentukan lemak. Maka ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi. Selain itu, bayi juga akan memiliki horman leptin (hormon yang memiliki peranan penting dalam mengatur nafsu makan dan metabolisme lemak) lebih banyak.
  6. Mempercepat proses pembentukan tulang yang kuat. Bayi yang diberi susu selama tiga bulan atau lebih memiliki tulang leher dan tulang belakang lebih kuat dibanding yang diberikan ASI kurang dari tiga bulan atau tidak sama sekali.
  7. Mendapat limpahan kolesterol yang optimal, memamng  pada orang dewasa, kolesterol merupakan asupan yang tidak baik. Namun itu tidak berlaku bagi bayi. Kolesterol sangat dibutuhkan bayi guna menunjang tumbuh kembang seorang bayi.
  8. Mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak saat dia tidur.
  9. Memperkuat Hubungan ibu dan bayi karena saat menyusui, Anda akan bersentuhan dengan kulit bayi dan saling bertatap-tatapan.
  10. Bagi ibu yang menyusui secara eklusif akan memiliki tubuh  langsing dan ideal. Karena saat menyusui kalori anda terbakar, kalori yang terpakai saat menyusui bisa mencapai 500 kalori per harinya.
  11. Bagi ibu yang memberikan ASI eklusif akan mengalami proses KB alami karena Ovulasi bisa terhambat ketika Anda memberikan ASI eksklusif. Untuk mendapatkan manfaat ini, ibu disarankan untuk siap menyusuinya kapan pun ketika dia membutuhkan.
  12. Mengurangi Stress, karena menyusui bisa merangsang produksi hormon oksitoksin yang bisa memuat Anda terasa rileks.
  13. Mengurangi perdarahan karena hormon oksitoksin yang keluar saat menyusui juga dapat membantu rahim berkontraksi. Hal ini memungkinkam bisa mengurangi perdarahan rahim usai persalinan, sekaligus kembali ke bentuk rahim sebelum hamil.
  14. Mengurangi Resiko terkena kanker. Menurut sejumlah penelitian, semakin lama Anda menyusui, semakin Anda terlindungi dari penyakit kanker. Hal ini kemungkinan terjadi karena menyusui bisa menekan produksi hormon estrogen.
  15. Hemat tapi sehat adalah mamfaat yang bisa didapat oleh orang tua yang menjalani ASI eklusif untuk buah hatinya.

Seorang ibu yang bijak dan cerdas pasti memilih ASI eklusif untuk buah hatinya karena ASI adalah Anugrah ilahi yang diciptakan dan menjadi hak seorang bayi.(rangga)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY