Mahasiswa Berhasil Mengolah Lumpur Lapindo

645
sumber gambar : jawapos

Demosmagz.com – Mahasiswa semester akhir, Zaizul Zakaria mencetuskan ide kreatif dengan memanfaatkan lumpur lapindo. Berawal dari keprihatinannya lumpur yang sudah ada sebelas tahun lalu, dimana dampaknya masih dirasakan warga Sidoarjo, pemuda tersebut berupaya mengalihfungsikan lumpur menjadi sesuatu yang bermanfaat bahkan memiliki nilai jual.

Mahasiswa jurusan Desain Produk Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sejak 2016 meneliti lumpur tersebut. dia menciptakan berbagai aksesoris dari bahan lumpur lapindo, diberi nama Luido.

Kerajinan berbahan dasar lumpur tersebut dibuat menjadi jam tangan, liontin kalung, hingga hiasan rumah.’’Tinggal ditambah cat supaya warnanya semakin menarik,’’ ujarnya dikutip dari jawapos.

Barang yang sudah jadi dibanderol dengan harga sekitar Rp 120 ribu – 500 ribu. Tergantung dari banyaknya lumpur dan tingkat kesulitan dalam pembuatan.

Lumpur yang dipakai di ambil dari dekat titik semburan, jarknya sekitar 200 meter. Sebab, kondisi lumpur masih lunak dan mudah dibentuk. Namun Zul menjamin lumpur tersebut aman.

Proses pembuatan aksesosir dengan cara sederhana sudah diteliti sebelumnya, setelah berhasil, menurutnya dalam waktu dekat dia akan mensosialisasikan kepada warga sekitar.

’’Jadi, mereka nanti bisa bikin sendiri untuk membantu ekonomi,’’ tutur mahasiswa asli Lumajang itu.

(Ade)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY