Magic Mushroom, Mengenal Bahaya Jamur Halusinasi Lebih Dalam

325
Jamur Kotoran Sapi

Demosmagz.com – Olahan jamur saat ini begitu beragam dan menjadi salah satu makanan favorit untuk sebagian orang, tetapi anda harus berhati-hati dengan jenis jamur yang satu ini, disebut Psilocybin mushroom atau biasa dikenal dengan jamur tai sapi dan kerbau.

Oleh beberapa kalangan, jamur tersebut diberi nama magic mushroom, karena apabila mengkonsumsinya akan mendapatkan efek halusinasi dan euforia berlebihan. Jamur ini termasuk dalam narkotika golongan I yang diatur dalam Undang-Undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009. Oleh karena itu, siapa pun yang menyalahgunakan jamur ini, baik penjual maupun pengguna, dapat dipidana.

Menurut Pakar Kimia-Farmasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Mufti Djusrin mengungkapkan, dalam undang-undang, magic mushroom atau jamur ajaib ini termasuk di dalam zat aktif bernama psilosibina. Zat itu masuk ke dalam narkotika jenis alamiah atau yang berbahan dasar tumbuh-tumbuhan alami. Zat ini menyerang sel-sel atau gelembung di dalam otak yang memiliki kemampuan menyerap oksigen. Jadi, otak tidak bisa menyerap oksigen dengan sempurna sehingga akhirnya mengakibatkan lambannya kerja otak.

Efek yang ditimbulkan jika mengonsumsi jamur ini adalah memiliki halusinasi tingkat tinggi sesuai dengan situasi psikologis saat mengonsumsinya. Sang pengguna bahkan tidak dapat menyadari apa yang dilakukannya salah atau benar di mata orang lain. Kondisi inilah yang memicu beragam tindakan menyimpang lainnya. Efek yang ditimbulkan akibat memakan Magic mushroom dapat berlangsung selama 3-8 jam tergantung dosis yang dikonsumsi.

Efek jangka panjang apabila sering mengkonsumsi jamur ini bisa menyebabkan resiko penyakit jiwa dan memori otak terganggu. Banyak sekali kasus kematian ketika mengkonsumsi jamur ini akibat dari efek halusinasi yang ditimbulkan. Walaupun efek yang ditimbulkan bisa saja menjadi efek yang menyenangkan, tetapi berhati-hatilah dengan efek negatifnya. Sekarang Magic mushroom sudah dimasukan kedalam undang-undang yang ada di Indonesia tetang aturan pemakaiannya.

Magic mushroom sudah banyak beredar di kota-kota besar di Indonesia, dan dikonsumsi untuk mendapatkan efek  mabuk, maka berhati-hatilah dengan peredaran magic mushroom karena tergolong narkotika kelas 1. Di kutip dari berbagai sumber. (kahar)

Baca Juga : Bahaya Tersembunyi di Balik Kecantikan Bunga Terompet

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY