Li fi, teknologi pengganti Wi fi ?

201


Demosmagz.com – Teknologi di dunia ini detik demi detik terus berkembang, para pakar teknologi di dunia ini terus melakukan pembaharuan teknologi sampai kita pun tidak lelah ‘menggelengkan’ kepala karena terkagum akan terobosan terbaru dari dunia teknologi. Teknologi terbaru untuk mengakses internet adalah lewat wi-fi.

Wi-fi yang kita ketahui adalah teknologi nirkabel untuk sebuah jaringan internet, untuk pengguna yang sudah ‘advance’ pasti sudah mengetahui apa kelemahan teknologi  wi-fi  ini dimulai dari jarak sampai limit user nya.

Baru-baru ini telah terdengar desas-desus teknologi yang akan jauh melampaui kemampuan wi-fi, yaitu Li Fi. Li-Fi (Light Fidelity) adalah yaitu sebuah jaringan nirkabel untuk sistem komunikasi yang menggunakan cahaya sebagai medianya. Teknologi ini baru-baru ini didemonstrasikan di Mobile World Congress, pameran mobile terbesar di dunia oleh perusahaan start up Perancis, Oledcomm.

Dikutip dari berbagai sumber,  Kecepatan Li Fi bisa mencapai 200Gbps jauh lebih cepat dari Wi-Fi. Dengan menggunakan koneksi Li-Fi, Anda bisa mengunduh 23 DVD hanya dalam waktu satu detik. Uji laboratorium menunjukkan kecepatan Li-Fi  lebih dari 200 Gbps.  

Yang membuat Li Fi begitu dahsyat kecepatannya adalah Untuk membuat Li-Fi ini bekerja, Anda membutuhkan dua sumber cahaya yang berada pada masing-masing ujung perangkat. Sumber cahaya yang bisa digunakan yaitu LED atau detektor foto (Light Sensor). Saat cahaya LED menyala, cahaya sensor pada ujung perangkat lainnya akan mendeteksinya dan mengartikannya sebagai biner 1.

Semua teknologi pasti memiliki kelemahan, Li fi mempunyai kelemahan yakni tak bisa digunakan dalam ruangan yang gelap atau di bawah sinar matahari. Sinar matahari akan mengganggu cahaya buatan yang mentransmisikan informasi. Li-Fi juga tidak bisa menembus dinding, karena alasan yang sama bahwa cahaya dari ruang tertutup tidak bisa menerangi setiap kamar sekitarnya.(reja)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY