Lezatnya Bubur Samin, Bubur Khas Ramadhan Dari Solo

100
sumber foto : solopos.com

Setiap kita yang berpuasa tentu ingin membatalkan puasa dikala adzan maghrib dengan sesuatu yang lezat. Sekedar ingin melampiaskan segala kelaparan dan dahaga yang sudah kita tahan selama berjam-jam. Karena itu banyak orang berlomba-lomba berburu makanan untuk berbuka puasa dengan sejumlah hidangan yang bakal menggugah selera.

Ada banyak makanan khas ramadhan di seluruh Indonesia. Macam-macam hidanganya. Dan tentu semua makanan memiliki cita rasa yang lezat. Tapi, tahukah sobat demagz jika ada beberapa tempat yang menyajikan hidangan bubur khas ramadhan untuk berbuka puasa. Salah satu yang begitu dikenal adalah bubur Samin.

Bubur Samin adalah bubur yang disajikan di masjid Darusalam Jayengan Kota Solo. Masyarakat sekitar begitu menyukai bubur samin ini. Setiap bulan ramadhan, banyak warga yang sudah sedia mengantre untuk mendapat bubur samin ini secara gratis.

Memang, bubur ini selalau dibagikan secara gratis. Terhitung sudah sejak tahun 1930, tradisi bagi-bagi bubur samin ini diselenggarakan. Rasanya yang enak nan guruih serta makna kearifan lokal yang terkandung didalamnya membuat keberadaan bubur samin ini selalu lesatari

Bubur ini memiliki citarasa yang khas. Sebab bubur ini dimasak dengan minyak samin. Itu yang membuat bubur ini punya kenikmatan tersendiri. Selain itu isian rempah-rempah sebagai bumbu untuk membuat bubur ini menjadi alasan lain mengapa bubur ini begitu di cintai.

Tak tanggung tanggung, pengurus masjid yang notabenenya membuat bubur ini menghabiskan 40kg beras dan lima kilo gram bumbu untuk sekali membuat bubur yang namanya sudah begitu terkenal ini. Biasanya bubur ini dengan sambal goreng, telur, dan daging yang biasanya dibuat dengan bumbu kare.

Hingga saat ini, masih banyak pengunjung yang sengaja datang dari jauh-jauh tempat untuk sekedar mencicipi bubur yang memang hanya ada di bulan suci ramadhan itu. Jadi, mumpung ramadhan belum usai. Tidak ada salahnya sobat demagz ikut juga menikmati si bubur gurih nan lezat ini. (wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY