Lewat Fitur Barunya Ini Instagram Dapat Cegah Orang Bunuh Diri

228
Ilustrasi depresi lewat media sosial

Demosmagz.com – Kemajuan teknologi ternyata tidak selalu berdampak baik, salah satunya adalaha kasus bunuh diri. Tidak sedikit di jaman modern ini kasus-kasus bunuh diri yang di sebabkan oleh media sosial (medsos).

Salah satu medsos yang mencoba melakukan inovasi terkait fenomena ini adalah instagram. Medsos ini sangat populer karena didominasi oleh fitur berbagi foto dan video sehingga pengguna bisa bebas mengekspresikan emosinya, sehingga tidak sedikit para pengguna medsos meluapkan rasa depresi dan kesedihannya lewat foto atau video yang mereka upload.

Untuk mengatasi fenomena tersebut semakin menyebar ke yang lain, media sosial yang juga milik Facebook tersebut memutuskan untuk membuat fitur pencegah bunuh diri.

Pola kerja fitur ini juga bisa dibilang tidaklah rumit, seperti yang dimuat dalam laman Engadget pengguna hanya perlu melaporkan postingan yang berpotensi melakukan tindakan bunuh diri, setelah itu akun yang bersangkutan akan ditindaklanjuti.

“Kami paham bahwa teman-teman dan keluarga ingin menawarkan dukungan kepada mereka namun seringkali tidak tahu caranya bagaimana” ujar Chief Operating Officer Instagram Marne Levine

Levine menilai kehadiran fitur ini bisa berguna agar jika ada yang ingin bunuh diri, bisa membantu mereka bahwa mereka tidaklah sendiri. “ Fitur ini dirancang untuk membuatmu tahu bahwa kamu tak sendiri, kamu dikelilingi teman-teman,keluarga, komunitas yang peduli denganmu” Lanjutnya. Instagram juga bekerjasama dengan beberapa psikolog dan pakar yang ahli dalam masalah mental. (Hari)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY