Kura-Kura Belawa Hewan Langka Asli Cirebon Yang Mulai Terlupakan

502
Bellawa/ Wildan
Bellawa/ Wildan

Cirebon, demosmagz.com – Desa Belawa, barangkali namanya sedikit asing di telinga masyarakat Cirebon. Akan tetapi di desa yang letaknya di Kecamatan Lemah Abang ini memiliki sebuah daya tarik tersendiri. Di desa ini terdapat kura-kura langka yang hidup dan berkembang biak di sebuah penangkaran yang kemudian menjadi tempat wisata.

Di tempat wisata ini kita dapat melihat sebanyak 72 kura kura asli belawa, yang menarik dari kura-kura belawa ini ialah postur tubuhnya yang tidak biasa. Warna kulit yang hitam disekujur tubuh dan cangkanya. Terlebih cangkang kura kura belawa ini cenderung cekung sehingga membuat banyak peneliti menyebut satwa ini adalah satwa yang langka.

Jika datang ketempat ini bisa jadi sobat demagz akan kesulitan membedakan mana batu mana kura-kura, sebab memang bentuknya yang mirip. Tempat ini menurut pengakuan salah satu penjual makanan biasanya ramai saat akhir pekan dan dikunjungi oleh muda-mudi dari daerah Cirebon.

Tempat ini dulunya sempat ramai sebelum lima tahun lalu kehilangan ratusan kura-kura dan membuat objek wisata ini lesu pengunjung. Akan tetapi, saat ini pemerintah desa setempat dan warga tengah menghidupkan kembali penangkaran kura-kura ini sebagai bentuk pelestarian satwa langka.(wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY