Kontroversi Wasit Fu Ming Bukan Hanya di Laga Vietnam VS Indonesia Saja

553
Wasit Fu Ming memberi kartu merah ke Kiper Vietnam

Demosmagz.com Timnas sepak bola Indonesia memastikan langkah ke babak final piala AFF Suzuki cup 2016 setelah melangsungkan pertandingan dramatis melawan Vietnam.  Indonesia lolos berkat hasil 2-2 setelah menempuh pertandingan sepanjang 120 menit.

Salah satu yang menjadi perbincangan masyarakat luas khususnya warga Indonesia adalah kepemimpinan wasit Fu Ming. Ya pendukung Indonesia berkali-kali dibuat geram dengan putusan-putusannya yang cukup kontroversial. Sebut saja ketika Rizky Pora di jatuhkan oleh Que Ngoc Hai bek Vietnam yang di dapuk menjadi kipper lantaran kipper utama Vietnam di kartu merah. Sebelumnya ketika pertandingan berjalan di waktu normal. Wolf gank Pikal asisten pelatih Indonesia sempat protes keras kepada wasit yang membiarkan pemain Vietnam bermain kasar.

Kepemimpinan Fu Ming di kancah persepakbolaan Asia memang cukup controversial. Ia di sebut-sebut sebagai biang keladi kalahnya Thailand atas Arab Saudi di pertandingan kualifikasi Piala Dunia tahun ini. Ketika itu Thailand sempat protes kepada FIFA terkait keputusan Fu Ming yang tidak memberi pinalti kepada Thailand dan justru memberi Arab Saudi pinalti kontroversial di penghujung laga. Arab Saudi menang 1-0 di kandang Thailand kala itu

Wasit asal negeri tirai bambu itu juga pernah memimpin pertandingan Persib Bandung melawan New Radiant (tim asal Maladewa) dalam lanjutan kompetisi AFC 2015 silam. Kala itu persib yang unggul 4-1 lawan duta Maladewa itu harus kehilangan dua orang pemainya. I Made Wirawan dan Achmad Jufrianto. Sosok Fu Ming akhirnya jadi bulan-bulanan bobotoh di media sosial kala itu

Fu Ming adalah wasit termuda yang dimiliki Tiongkok. Pria kelahiran 1983 itu telah memimpin 25 laga internasional baik ajang klub maupun tim nasional. Fu sebelum pertandingan semalam tercatat pernah mencabut 73 kartu kuning, 5 Kartu merah (dua diberikan kepada pemain Persib) dan memutuskan tendangan pinalti sebanyak 6 kali. Dengan diberikannya pinalti kepada Indonesia semalam. Itu artinya Fu telah memberikan 7 pinalti selama karir kepemimpinan internasionalnya.

Kini Timnas Garuda menapaki pertandingan final ke limanya selama gelaran AFF. Sejak di helat pada tahun 1996 Indonesia telah berhasil masuk final sebanyak empat kali pada tahun 2000,2002,2004 dan 2010. Sayang empat kali melaju ke final timnas kita belum pernah merasakan gelar juara.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY