Khasiat Istimewa Bawang Putih Hitam Yang Tidak Kita Ketahui

276


Demosmagz.com – Black Garlic atau dalam bahasa Indonesia-nya bawang putih hitam ini, merupakan hasil dari fermentasi yang melibatkan suhu tinggi pada bawang putih sehingga menghasilkan isi berwarna hitam. Black garlic kini tengah naik daun menjadi bahan makanan sehat.

Fermentasi bawang putih hitam ini melalui proses panjang sekitar 3 minggu, diproses dalam kondisi lembab untuk membentuk karamel pada daging bawang dan membentuk rasa yang lebih kuat. Gula dan asam amino menghasilkan melanoidin, membuat daging bawang putih menjadi hitam.

Bawang putih hitam (Black Garlic), sudah dikenal lama sebagai bumbu masak dan produk kesehatan di Korea sejak legenda Tao. Warga Korea meyakini bahwa bumbu satu ini dapat memberikan umur yang panjang, para ilmuwan juga telah menemukan banyak kandungan bermanfaat bagi kesehatan yang tidak ditemukan dalam bawang putih biasa. Berikut beberapa khasiat dari Black Garlic.

Pencegah Kanker

Sebuah penelitian tahun 2014 yang dimuat dalam Spandidos Publications menemukan, bahwa ekstrak bawang putih hitam tua dapat menghambat pertumbuhan jalur perkembangan kanker usus besar. Kandungan terdapat didalam bawang putih hitam dapat melawan sel-sel yang mengakibatkan penyakit kanker. Jika ingin mengkonsumsi Black Garlic cukup campurkan saja pada masakan yang sedang  dimasak.

Menurunkan Kadar Gula

Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes. Sebuah studi “Antioxidant Effect of Garlic and Aged Black Garlic in Animal Model of Type 2 diabetes Mellitus” menemukan, bahwa bawang putih hitam memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi ketimbang bawang putih biasa.

Tingginya kandungan tersebut, dapat digunakan untuk mencegah komplikasi diabetes. Antioksidan sendiri mampu melindungi integritas sel dan telah dikaitkan dengan menunda tanda-tanda penuaan.

Menjaga Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi rutin Black Garlic juga dapat berkhasiat untuk jantung sehat. Jika Sobat Demagz tidak terlalu suka dengan rasa bawang putih hitam, maka cukup campurkan bawang hitam pada makanan yang ingin dikonsumsi, sehingga rasa dari bawang hitam tidak terlalu terasa pada mulut.

Menurunkan Kolesterol

Bawang putih hitam mengandung konsentrasi tinggi dari senyawa S-allylcysteine, yang telah ditemukan mampu menurunkan kadar kolesterol. Peneliti menemukan, penurunan kadar lipid dan kolesterol pada tikus yang diberi diet bawang putih hitam.(ara)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY