Kenali Bahaya Sinar Matahari di Siang Hari

285

Demosmagz.com – Fungsi sinar matahari bagi tubuh sangatlah banyak, namun dibalik sinarnya yang menghangatkan, kemudian mampu merangsang kulit untuk memproduksi vitamin D, ternyata matahari juga dapat memberikan efek negatif bagi tubuh kita, terutama bagian luar.

Efek negatif yang paling terlihat adalah kulit terbakar. Lebih jauh lagi, dapat menyebabkan kanker yang disebut karsinoma sel basal. Kanker ini ditandai dengan serpih atau bintik berwarna kecoklatan, akan sulit membedakan dengan bintik coklat biasa. Selain dikarenakan ultraviolet A maupun ultraviolet B, kanker ini juga bisa disebabkan oleh pemakaian kosmetik yang tidak tepat. Untungnya, kanker ini tidak ganas, namun jika kulit lebih banyak terkena paparan ultraviolet A maupun B secara langsung akan menjadi ganas atau yang disebut kanker melanoma.

Selain kanker, paparan sinar matahari sekitar pukul  10.00 sampai 16.00 akan menyebabkan kecantikan kulit berkurang. Diantaranya kulit cepat keriput karena rusaknya fungsi kolagen yang berada di lapisan dalam kulit, kemudian kulit menjadi kasar, dapat memicu timbulnya komedo pada wajah, dan kerusakan pada kulit. Resiko tesebut dialami jika kulit terkena matahari langsung dengan durasi waktu yang lama.

Tidak masalah jika sobat demagz melakukan banyak  aktivitas di luar ruangan pada pagi hari sampai pukul 10.00 karena matahari pagi justru menyehatkan. Namun jika siang hari, sebaiknya sobat demagz melakukan pencegahan untuk mengurangi efek negatif dari sinar matahari. Diantaranya menggunakan sunblock yang mengandung SPF tinggi.

Tak cukup sampai di kulit, ternyata, terkena paparan matahari langsung juga berdampak pada kesehatan mata. Jika menatap langsung matahari, dapat melukai retina, bahkan mata menjadi katarak. Sebagai alternatifnya, gunakan kacamata hitam sebagai pelindung dan jangan menatap matahari langsung pada siang hari.

Selain itu, paparan sinar matahari langsung dapat merusak rambut. Diantaranya menjadi kusam, kasar dan warna rambut menjadi merah. Terlalu lama dibawah terik matahari juga akan menyebabkan kita berkeringat berlebihan sehingga cenderung mengalami dehidrasi pada tubuh. Penderita dehidrasi biasanya akan mengalami tenggorokan kering, pusing, mata berkunang-kunang bahkan hilang kesadaran.(Ade)

 

Artikel Lainnya

Bahaya Tersembunyi di Balik Kecantikan Bunga Terompet

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY