Kemeriahan Expo 2017 Batik Lem SMPN 6 Kota Cirebon

401

Cirebon, Demosmagz.com – SMP Negeri 6 kota Cirebon mengadakan Spenam Expo 2017 “Semua Orang Bisa Membatik”, dalam kegiatan ini turut memperkenalkan dan mempraktekan batik lem. Acara ini diselenggarakan dilapangan SMP Negeri 6 kota Cirebon pada sabtu, 14 Januari 2016.

Spenam expo bekerja sama dengan komunitas kuno kini nanti dan Ade Supriadi, Seniman Rupa Kota Cirebon dan inisiator batik lem. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan bagaimana cara membatik dan melatih agar siswa bisa berwirausaha.

“Tujuan gebyar expo 2017 diharapkan kepada seluruh siswa agar bisa mengambil makna dari kegiatan ini. Siswa dapat mengenal dan mengetahui cara membatik khususnya batik lem.” Ujar Nurhadi, selaku panitia acara.

Batik lem sejauh ini belum tersosialisasikan karena hanya beberapa komunitas saja yang mengetahuinya. Ketika di praktekkan oleh siswa, itu mudah dilakukan karena berbeda dengan proses membatik pada umumnya.

“Tadi anak-anak mempraktekkan membatik lem, itu sangat mudah, kalau membatik pada umumnya menggunakan canting dan malam, prosesnya juga memerlukan pemanasan tertentu, sehingga cukup mengkhawatirkan, barangkali terjadi hal yang tidak di inginkan.” Lanjutnya.

Sumber foto : Panji komunitas kuno kini nanti

Selain bisa mempraktekan batik lem, diharapkan kegiatan ini dapat membangun rasa tanggung jawab, dan membangun jiwa kewirausahaan. Dengan cara praktek berdagang bertema makanan tradisional. Dengan acara ini bisa bermuara pada bagaimana meningkatkan kualitas siswa.

“Prinsip ekonomi sudah dikedepankan untuk diketahui anak, bagaimana cara berdagang, berapa modal dan untungnya sekolah tidak intervensi, kemudian melatih bagaimana berkoordinasi dengan teman-teman di kelasnya karena kami tidak memaksa agar setiap kelas mengikuti kegiatan praktek berdagang tersebut.” Ujarnya di area SMP Negeri 6 Cirebon.

Nurhadi juga mengatakan bahwa acara ini sebagai pembelajaran bagi pihak sekolah agar bisa bekerja sama secara baik dengan wali kelas, guru-guru, dan TU.

“Walaupun relatif singkat alhamdulillah bisa terselenggara karena adanya kerjasama.” Ungkapnya.

Acara spenam expo dibuka dengan penampilan tari topeng, Marching band, dan paduan suara. kemudian sambutan-sambutan oleh Kepala sekolah SMPN 6 Cirebon, Dewan Pembina Kuno Kini Nanti kota Cirebon, DISDIK kota Cirebon, Disporabudpa, dan DPRD. Kemudian membatik bersama pada kain 10 meter, dan adanya lomba foto kondisi acara spenam expo 2017.(Ade)

Baca Juga : Ini Dia Aktivitas Pelajar di Berbagai Negara Saat Libur Sekolah

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY