Kebanyakan Bukber ? Ini Tips Halus Menolaknya

207


Demosmagz.com – Acara buka bersama atau dikenal dengan bukber dengan teman pada bulan Ramadhan ini menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan, khususnya bagi para pemuda. Hal ini terlihat dari ramainya pengunjung yang ada hampir di setiap rumah makan atau restoran di daerah. Nampaknya, beberapa usaha penyedia makanan dibanjiri keuntungan lebih di bulan ini,  padahal, seharusnya tingkat konsumsi lebih sedikit karena hanya makan 2 kali sehari yang biasanya 3 kali atau lebih.

Sobat demagz mungkin sering mendapat ajakan buka bersama baik dari teman main, teman lama, teman di sekolah, teman di kampus, teman organisasi, teman kerja dan teman-teman lainnya. Bukber ini biasanya bertujuan untuk silaturahmi atau sekedar kongkow saja. Tidak ada salahnya memang untuk menerima ajakan bukber tersebut.

Namun, jika sobat demagz memang tidak berniat untuk menerima ajakan bukber karena beberapa alasan tertentu seperti keuangan sedang menipis, tidak suka mengobrol tidak begitu nyaman karena tempat makan tersebut banyak diburu pengunjung hingga mengantri, atau mungkin bukan saat yang tepat untuk temu kangen dengan teman-teman karena jarak dari waktu berbuka dengan sholat tarawih begitu mepet sehingga sobat demagz mungkin akan melewatkan satu ibadah sholat tarawih, serta alasan lainnya yang kuat untuk menolak bukber.

Berikut tips menolak ajakan bukber ala demosmagz :

  1. Sobat demagz tidak perlu khawatir karena merasa tidak enak menolak ajakan teman, karena rasa khawatir yang berlebihan justru akan membuat sobat merasa tidak nyaman dan tertekan.
  2. Tentukan dan yakinkan pilihan sobat demagz ingin menghabiskan waktu berbuka dengan siapa, ini penting menjadi pertimbangan untuk memperkuat dalam menolak ajakan bukber dari teman.
  3. Ucapkan terima kasih kepada yang mengajak bukber, ini menunjukan sobat demagz memiliki etika baik karena bagaimanapun teman anda mengajak secara baik-baik.
  4. Jangan lupa meminta maaf karena tidak bisa menerima ajakan bukber
  5. Menjelaskan alasan, sobat demagz bisa menjelaskan kenapa menolaknya, cukup dengan alasan singkat misalnya “maaf tidak bisa ikut karena ada kerjaan di rumah atau ada janji lain yang tidak bisa dibatalkan”. Sobat demagz juga dapat menjelaskan alasan tersebut secara berulang, misalnya maaf, saya tidak bisa ikut karena ada kerjaan di rumah”.
  6. Menawarkan waktu lain untuk memenuhi ajakan atau menawarkan suatu bantuan tertentu.
  7. Abaikan jika teman yang mengajak terus berusaha memaksa, padahal sobat demagz sudah menjelaskannya.

Beberapa tips di atas sebaiknya dilakukan dengan tidak menyinggung ajakan teman-teman sobat demagz karena silahturahmi harus tetap kita jaga.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY