Kapal Bersejarah, KRI Dewi Ruci Berlabuh Di Cirebon

38

Cirebon, Demosmagz.com – Kapal melegenda dan kebanggaan Indonesia, yakni KRI Dewi Ruci berlayar ke Cirebon pada jumat (25/08/2017), tujuannya adalah melaksanakan Lattek Navigasi Astronomi bagi para taruna dan taruni. Ada Sebanyak 100 taruna akademi TNI Angkatan Laut (AL) diboyong ke pelabuhan Cirebon, keadatangannya pun disambut meriah oleh ratusan masyarakat Cirebon, karena momen tersebut jarang, masyarakat yang datang adalah sekedar ingin melihat-lihat atau berfoto dan menaiki kapal.

“Kita berlayar dari Surabaya menuju Cirebon. Sebanyak 100 taruna yang kita bawa. Tentu kapal ini sangat bersejarah, untuk itu kita mempersilakan masyarakat mengunjungi kapal,” Ucap Kabag Mesin KRI Dewa Ruci, Pelda Heru Suhendra, dikutip dari detiknews.

KRI Dewi Ruci berpangkal di Surabaya, merupakan kapal latih bagi taruna Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Kapal tersebut merupakan kapal layar terbesar milik TNI Angkatan Laut. Nama kapal ini diambil dari kisah pewayangan jawa, yakni Dewa Ruci.

KRI Dewa Ruci telah melakukan misi pelayaran keliling dunia setelah 11 tahun di luncurkan, tepatnya pada Maret – November 1964, dalam kurun waktu sembilan bulan tersebut KRI Dewa Ruci pertama kali menyusuri samudra Hindia, Terusan Zues, Samudra Atlantik, Benua Amerika, lalu ke  Panama hingga ke Samudra Pasifik. Misi pelayaran ke negara-negara tujuan adalah bentuk latihan bagi taruna angkatan laut, serta misi diplomasi internasional dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke berbagai negara. (ade)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY