Kabupaten Cirebon Gencarkan Sosialisasi Pelayanan Akta Online

746


Cirebon, demosmagz.com – Pelayanan tentang kependudukan dan pencacatan sipil selalu menjadi sorotan publik yang pada umumnya memakan waktu lama, antrian yang sesak menjadi hal yang lumrah dikantor dinas kependudukan disetiap daerah tidak terkecuali Cirebon.

Hal ini menjadi latar belakang dinas kependudukan dan pencacatan sipil kabupaten Cirebon membuat akses online pembuatan akta lahir untuk wilayah kabupaten cirebon. Demosmagz berkesempatan mewawancarai pihak kedinasan mengenai  akta online, yaitu Drs. Yadi Wikarsa. Msi  kepala bidang pencatatan sipil dinas kependudukan dan pencatatan sipil kab. Cirebon.

Menurut beliau pelayanan akta online sudah berjalan hampir dua tahun,tetapi disayangkan akses tersebut belum memenuhi target kita, “ Dari hasil evaluasi yang kita lakukan, akta online jika dipresentasekan masih dibawah 5 % dari target  yang kita harapkan”.

Menurut beliau Tujuan adanya akta online selain untuk mempermudah proses, juga untuk menjaga berkas karena otomatis akan masuk kedalam sistem arsip digital, dengan menggunakan akses akta online, masyarakat tidak perlu waktu lama, kita prioitaskan satu hari akta lahir sudah jadi asalkan membawa bukti pendaftaran akta lahir online tersebut”.

Beliau menjelaskan Sosialisasi terus di gencarkan  tentang pelayanan ini, baik di televisi lokal maupun sosialisasi dikecamatan-kecamatan hal tersebut menjadi program kerja kita untuk meningkatkan presentase pengguna akta lahir online ini .

“Bagi masyarakat kabupaten cirebon untuk membuat akte kelahiran silahkan menggunakan pelayanan akta online dengan mengakses aktaonline.cirebonkab.go.id kita prioritaskan satu hari akta kelahiran sudah jadi” tutur beliau menutup perbincangan dengan demosmagz.(rangga)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY