Jangan Salah, Kopi Ternyata Menyehatkan

260

“Hidup itu seperti secangkir kopi kadang terasa manis dan kadang ada juga yang terasa pahit”

Kalimat yang sering kita dengar ya? Kalimat itu terinspirasi dari kehidupan dan secangkir kopi. Ya kopi minuman yang sedang kekinian, padahal minum kopi sudah menjadi kebiasaan banyak orang sejak dulu, tapi kenapa bisa jadi hits? Sampai ada judul film “Filosofi Kopi” juga loh.

Kopi yang akan kita bahas ini, bukan sekedar kopi kemasan yang sering dipampang tergantung di toko atau warung pinggir jalan, Kopi kekinian yang sering dibicarakan banyak orang ini adalah kopi hasil seduhan biji kopi sortir berkualitas, yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk kopi dengan cara penyajian yang bermacam-macam. Kopi salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara, dua varietas pohon kopi yang dikenal umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica). Sejarah mencatat, penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu.

Konsumsi kopi akan menyehatkan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat loh. Para ahli juga menyebutkan kandungan kafein di dalam kopi bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang, nyaman, bahagia dan juga bisa membantu seseorang menurunkan risiko kanker. Menarik ya, selain aromanya yang unik ternyata kopi juga menyehatkan.

Ada yang lebih menarik lagi dari salah satu pemilik kedai kopi di Cirebon, “Kopi itu connecting people, makanya kami buat kedai sebagai tempat bersantai menikmati kopi sambil kongkow dengan obrolan apapun”. Kedai kopi ini, dikemas dengan simpel dan khas ditambah keunikan gerobag seduhnya, biar terlihat sederhana.

kop[i“Sederhananya dengan menamakan Kampus Kopi kita mau berbagi keistimewaan tentang kopi, dari tentang petaninya, budidayanya, proses sangrai, penyajian, sampai kebermanfaatan dan kesejahteraan petani kopi. Sebab, kopi-kopi yang berkualitas itu memiliki harga tinggi yang juga harus bisa menjamin kesejahteraan petani kopinya”.

Tunggu apa lagi, yuk nikmati kopinya dengan santai, tapi ga berlebihan loh ya sobat.(Ara)

 

Editor : Hari

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY