Jaga Kalori Tubuh Dari Makanan Khas Indonesia

403


Demosmagz.com – Tubuh manusia pastinya membutuhkan kalori, sebab kalori merupakan satuan energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan beraktivitas. Jika tubuh kekurangan kalori maka dapat menurunkan kekebalan tubuh, jika kelebihan kalori pun akan tidak baik dampaknya terhadap tubuh, seperti terkena diabetes.

Maka sobat Demagz harus tetap memperhatikan berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai ahli gizi menyatakan kalori yang dibutuhkan seseorang ternyata berbeda-beda, namun secara umum laki-laki membutuhkan 2.500 kalori per hari, sementara perempuan butuh sekitar 2.200 kalori per hari.

Sekarang, yuk kita simak satu per satu berapa jumlah kalori pada makanan yang biasa kita konsumsi berdasarkan makanan khas Indonesia ;

  1. Nasi Soto Ayam


Semangkuk nasi soto yang ditaburi daging ayam, bihun, dan telur mengandung sekitar 596 kalori. Triknya bagi sobat Demagz yang sedang diet, kurangi porsi nasi agar tidak terlalu banyak kalori masuk ke dalam tubuh.

  1. Nasi Goreng


Makanan ini didominasi oleh nasi, daging, telur, dan minyak goreng. Nasi goreng memiliki kalori terbilang tinggi, yaitu sekitar 740 kalori. Hindari mengkonsumsi nasi goreng terlalu sering, sebab gizi didalamnya tidak berimbang.

  1. Gado-Gado


Menu satu ini didalamnya tersaji lontong dan sayur mayur yang disiram bumbu kacang, kira-kira dalam makanan ini mengandung 488 kalori. Walaupun begitu, gado-gado mengandung banyak jenis nutrisi di dalamnya.

  1. Sate Ayam


Seporsi sate ayam yang berisi 10 tusuk sate dan lontong dengan bumbu kacang atau kecap ini, perkiraan mengandung 681 kalori. Bagi para pen-diet, agar tetap ramping, cukup makan 5-6 tusuk sate saja per porsinya dan hindari juga terlalu banyak mengonsumsi lontong.

  1. Bakso


Semangkuk bakso daging sapi dengan mie dan pelengkap lainnya, perkiraan mengandung 325 kalori. Walaupun kalorinya terbilang rendah, jumlah lemak dalam bakso juga tinggi, lho. Jadi, tetap perhatikan porsimu ya sobat.

  1. Mie Instan


Makanan satu ini sering sekali dikonsumsi jika sedang malas untuk berlama-lama di dapur. Sebungkus mie instan dapat mengandung sekitar 350-400 kalori. Namun sangat disarankan, tidak mengkonsumsi dua bungkus mie instan sekaligus atau ditambah telur dan nasi. Karena, dapat menambah menjadi 900-1000 kalori.

  1. Nasi Rawon


Nasi rawon dapat diperkirakan mengandung 680 kalori per porsinya, bersumber dari daging dan nasi. Ini belum termasuk dengan lauk pendamping rawon seperti tempe goreng, telur asin, dan kerupuk udang.(ara)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY