Istimewanya KRK, Kebun Raya Kebanggaan Jawa Barat

496

Demosmagz.com – Kuningan salah satu kabupaten di Jawa Barat saat ini memiliki tempat wisata baru yang bertaraf nasional. Sebuah kebun raya di bangun di lahan seluas 175 hektar di sebuah desa bernama Padabeunghar Kecamatan Pasawahan.

Awalnya pada tahun 2005 Kuningan mendapat mandat dari Pemprov Jawa Barat untuk dicanangkan sebagai salah satu daerah konservasi di provinsi pasundan tersebut. Pada 2006 ketika Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) diresmikan, maka Pemkab Kuningan juga memanfaatkan lahan bekas perkebunan milik swasta yang akhirnya di sulap menjadi Kebun Raya Kuningan.

KRK biasa masyarakat sekitar menyebut kebun raya ini tidak sekedar menjadi wahana wisata keluarga. Lebih dari itu kebun raya ini juga difungsikan sebagai pusat penelitian. Karenanyalah dalam pembangunannya Pemkab Kuningan menggandeng LIPI dan kebun raya Bogor agar dapat menyiapkan lokasi penelitian konversi alam.

Saat ini KRK dibagi dalam delapan zona seperti kantor penelitian, pendidikan lingkungan, rekreasi aktif, konservasi, koleksi tumbuhan lokal, buah-buahan, tumbuhan koleksi Indonesia khususnya Jawa dan tumbuhan koleksi dunia. Beberapa jenis tumbuhan yang dikembangkan di KRK diantaranya pohon Jamblang, Lengkeng, Kedoya, Pangsor, Aren, Durian, Kenari, Cengkih, Lame.

Hanya saja sayangnya Kebun Raya ini belum dibuka untuk umum. Walaupun beberapa tahun kebelakang KRK sempat dibuka untuk sementara ditutup hingga saat ini. Akan tetapi kemungkinan besar KRK akan dibuka diawal tahun ini dan menjadi tempat wisata kebanggaan Masyarakat Kuningan bahkan Jawa Barat.(Wildan)

Baca Juga :  Sensasi Bali di Salah Satu Sudut Kota Cirebon

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY