Ini Kebiasaan Menarik Orang Cirebon Setiap Musim Haji

565


Cirebon, Demosmagz.com – Idul adha tinggal menghitung hari, bagi beberapa orang hari itu memang dinanti sebagai hari dimana rukun islam tuntas di laksanakan. Ya, bagi mereka yang berkesempatan pergi haji waktu ini benar-benar sangat prestisius untuk di nanti. Lalu bagaimana bagi mereka yang tidak pergi haji?

Di Cirebon ada kebiasaan unik para warga yang tidak pergi haji dengan berbondong-bondong mengantar saudara, rekan atau tetangganya yang pergi haji ke embarkasi haji di wilayahnya. Memang, momen ini adalah momen yang mengharukan bagi keluarga untuk melepas sanak saudaranya pegi ke tanah suci, tapi bagi pengantar lain yang tidak memiliki ikatan keluarga hal ini adalah momen menggembirakan.

Bagaimana tidak, biasanya sang calon haji menyewa banyak sekali angkutan umum untuk mengangkut warga sekampung untuk turut serta mengantar calon haji ke tanah suci. Biasanya setelah selesai mengantar para orang sekampung yang sudah disewakan angkutan umum ini bertamasya ke tempat tempat wisata. Alhasil liburan dadakan orang sekampung pun menjadi momen bahagia.

Jika sudah demikian kita akan melihat kampung-kampung yang sepi dalam satu waktu. Bahkan kita akan sangat kesulitan mencapati angkutan umum yang biasanya berseliweran di jalanan, sebab semua angkutan umum sudah pasti disewakan untuk antar haji. Tradisi ini sudah ada sejak lama dan hingga kini masih selalu dilakukan setiap musim haji.(wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY