Ini Dia PTN dan Jurusan Yang Kini Paling di Minati

257

Demosmagz.com – Universitas di Indonesia yang paling banyak peminatnya pada pendaftaran SNMPTN tahun 2017 adalah Universitas Padjadjaran. Ada sebanyak 39.388 peserta yang mendaftar dengan jumlah yang diterima 2.369 orang, atau sekitar 6,08% dari total pendaftar. Berikut urutan peringkat universitas dilihat dari banyaknya peminat dilansir dari kompas.

Selanjutnya, peringkat kedua dengan total pendaftar sebanyak 33.850 ditempati Universitas Brawijaya Malang. Peringkat ketiga ditempati Universitas Diponegoro Semarang dengan peminat 32.085. Sementara itu posisi keempat, Universitas Sumatera Utara memiliki 31.940 pendaftar. Selanjutnya peringkat kelima, Universitas Gadjah MadaYogyakarta dengan 31.814 pendaftar.

Kemudian urutan PTN yang masuk 10 besar dalam jumlah pendaftar terbanyak SNMPTN meliputi Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Hasanudin, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Kemudian untuk jurusan yang paling banyak diminati berdasarkan riset yang dilakukan oleh Tirto.id tahun 2016 dengan sampel penelitian yaitu pelajar di Jakarta adalah jurusan ilmu komunikasi. Berikut urutan berdasarkan penelitian sebagai berikut :

  1. Ilmu komunikasi 10,11%
  2. Psikologi 9,04%
  3. Teknik Arsitektur 4,79%
  4. Sastra Jerman 4,79%
  5. Sastra Inggris 4,79%
  6. HI 4,79%
  7. Manajemen 4,26%
  8. Akuntansi 4,26%
  9. Teknik Industri 3,72%
  10. Ilmu gizi 3,72%
  11. Farmasi 3,72%

Sedangkan pada pendaftar SBMPTN berdasarkan pantauan demosmagz.com jika dilihat dari laman resmi SBMPTN, jumlah peminat yang mendaftar SBMPTN 2016 dari seluruh PTN yang ada di Indonesia, di bidang SAINTEK, diantaranya ada 22 PTN yang memperoleh pendaftar terbanyak pada program studi (prodi) Pendidikan Dokter , kemudian ada 22 PTN dengan peminat terbanyak tertarik pada prodi Teknik Informatika. Sedangkan di bidang SOSHUM,  42 PTN dengan jumlah peminat pendaftar terbanyak di masing-masing universitasnya tertarik pada jurusan Manajemen.

Selanjutnya beberapa prodi yang unggul jika dilihat dari peminat yang mendaftar di masing-masing PTN di Indonesia di bidang SAINTEK yakni kesehatan masyarakat, pendidikan Biologi, Teknik Sipil, Agroteknologi, Agribisnis, Perencanaan Wilayah Kota, ilmu gizi, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Pertambangan Teknik Lingkungan, Teknik Arsitektur, dan Keperawatan.

Sementara itu, di bidang SOSHUM yakni prodi ilmu hukum, PGSD, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, ekonomi pembangunan, Psikologi, ilmu pemerintahan, perbankan syariah, dan Administrasi Negara.

Bagaimana sobat demagz ? sudahkah memilih Universitas dan prodi yang sesuai? (Ade)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY