Ini Dia Mitos 7 Sumur Gunung Jati di Cirebon

2067


Cirebon, Demosmagz.com – Sumur tujuh keramat Gunung Jati banyak di kunjungi masyarakat baik dari daerah Cirebon maupun dari luar Cirebon. Dengan alasan mistis inilah seringkali masyarakat berbondong-bondong datang dengan harapan mendapatkan berkah kesehatan, kekayaan, kesejahteraan hidup, bahkan urusan asmara dan pengasihan.

Dahulu, tujuh Sumur tersebut sudah digunakan oleh Syarif Hidayatullah atau dikenal dengan sunan gunung jati dan juga walisanga untuk mandi sebelum pelaksanaan tawasulan, berkumpul dan memutuskan suatu perkara. Kebiasaan inilah diteruskan oleh beberapa penziarah hingga sekarang. Kepadatan terjadi biasanya dihari-hari besar islam seperti Jum’at kliwon, malam 1 suro, dan maulid nabi.

Keberadaan tujuh sumur ini tersebar di beberapa titik, cukup jauh ketika sobat berjalan dari satu sumur ke sumur lainnya. Sebagai gambaran, terletak di komplek gunung jati dan komplek gunung sembung. Sumur tersebut terletak diantara makam-makam yang juga biasa di datangi para peziarah untuk berdoa.

Pengunjung biasanya akan mandi, atau sekedar membasuh muka di tujuh sumur, paling cepat akan menghabiskan waktu satu jam. kemudian mengganti pakaian berwarna putih-putih dan meninggalkan pakaian yang basah tersebut karena disarankan untuk disumbangkan ke fakir miskin. Berikut nama sumur dan beberapa manfaat yang dipercaya masyarakat dan sejarah singkatnya.

  1. Sumur Kejayaan

Sumur ini memiliki makna agar diperolehnya keselamatan dan perlindungan setelah benar-benar menjauhkan diri dari perbuatan maksiat kepada Allah.

  1. Sumur Tinangpati

Pada sumur ini dipercaya akan menghilangkan sifat-sifat yang buruk pada diri manusia, seperti dengki, riya, ujub, sombong, dan lainnya.

  1. Sumur Jalatunda

Asal nama jalatunda adalah sewaktu sunan kalijaga berada di gunung jati pada acara perkumpulan walisongo, sunan kalijaga meninggalkan jala nya tanpa disengaja tepat di tempat yang kemudian menjadi sumur. Sumur jalatunda memiliki pesan bahwa ketika manusia ingin melakukan kebaikan jangan menundanya. Karena waktu manusia meninggal tidak akan tahu kapan waktunya.

  1. Sumur Kemulyaan

Makna dari sumur ini adalah jika ada manusia yang bersungguh-sungguh  menjalani makna-makna yang terkandung di dalam 3 sumur sebelumnya (Sumur Kejayaan, Sumur Tingangpati dan Sumur Jalatunda) maka seseorang tersebut akan diangkat derajatnya dihadapan sang Pencipta.

  1. Sumur Jati

Secara filosofis jati bermakna sejati, atau sejatinya kehidupan. Dalam kehidupan memiliki tujuan dan maksud tertentu. Jati juga berarti hakikat, inti hidup dari manusia bahwa peran manusia di dunia tidak hanya di hadapan sesamanya, tetapi juga di hadapan sang pencipta.

  1. Sumur Kesepuhan

Maknanya berarti sumur yang sudah tua atau dewasa, karena sepuh bermakna tua, karakter ini berarti keteladanan dan kepemimpian. Pada sumur ini seringkali didatangi karena tujuan menghendaki adanya berkah jabatan, kepemimpinan, dan kharisma.

  1. Sumur Kanoman

Sumur kanoman berate sumur muda, memiliki sifat yang akan melahirkan sikap rendah hati. Sumur ini sering didatangi karena mengharapkan berkah kesehatan dan awet muda.Tulisan ini dikutip dari beberapa sumber(Ade)

Baca Juga : Penemuan 7 Sumur Tua Lengkapi Situs Bersejarah Kabupaten Cirebon

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY