Ini Dia Kabupaten Dengan Daftar Tunggu Haji Paling Lama dan Paling Cepat di Indonesia

7969


Demosmagz.com – Musim Haji sudah tiba, Jutaan orang dari seluruh dunia tengah berbondong-bondong menuju Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji. Pelaksaan rukun islam yang ke lima ini setiap tahunya memang akan menyedot banyak perhatian dunia. Salah satunya adalah soal kuota Haji. Indonesia yang notabenenya adalah negara dengan populasi penduduk islam nomer satu di dunia jelas memiliki porsi haji terbanyak. Akan tetapi tahukah sobat demagz jika ternyata kuota yang melimpah itu ternyata masih belum bisa memangkas daftar tunggu ibadah haji dibanyak kota kabupaten di Indonesia yang masih berkisar 10 hingga 15 tahun.

Dari sejumlah kota dan kabupaten di Indonesia ternyata Kabupaten Sidenreng Rapang (Sidrap) yang terletak di sulawesi selatanlah yang mendapat antrian keberangkatan haji paling lama. Bayangkan orang Sidrap yang mendaftar haji tahun ini mesti menunggu hingga tahun 2055! Itu artinya masyarakat Sidrap mesti menunggu 40 tahun lagi untuk berangkat haji. Hal ini dikarenakan rasio pendaftar haji dan kuota haji kabupaten Sidrap yang begitu jauh. Pemerintah memberi 201 kuota haji untuk kabupaten ini sedangkan peminat haji di Kabupaten sidrap mencapai 8144 orang.

Lain di Sidrap lain pula di Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten Sanggau adalah kabupaten dengan daftar tunggu tercepat di Indonesia. Lamanya orang yang hendak pergi haji di Kabupaten ini hanya 6 tahun. Itu artinya keberangkatan jamaah yang mendaftar pada saat ini adalah pada tahun 2022. Hal ini dikarenakan rasio pendaftar haji dan kuota dari pemerintah yang cukup kecil. Di Sanggau pendaftar haji mencapai 576 Jamaah sedangkan pemerintah memberi kuota 83 orang yang berangkat ke tanah suci setiap tahunnya.

Sementara itu kabupaten Maluku Tenggara Barat menjadi kabupaten dengan kuota haji tersedikit di Indonesia. Setiap tahunya hanya ada tiga orang saja dari kabupaten Maluku Tengara Barat yang berangkat haji. Hingga saat ini ada 53 orang yang telah mendaftar haji dari kabupaten ini dan harus mengantre hingga tahun 2032.

Diranah provinsi, Jawa Timur menjadi provinsi pemilik kuota haji terbanyak dengan calon haji terbanyak pula di Indonesia. Provinsi paling timur di pulau Jawa ini memiliki kuota keberangkatan setiap tahunya sebesar 27143 orang. Hingga tahun ini ada sebanyak 640639 orang yang telah mendaftar haji dan harus menunggu paling lama hinga tahun 2039.

Membludaknya calon jamaah haji dari Indonesia ditambah sedikitnya kuota haji yang negara ini miliki disebabkan oleh pembangunan yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi. Direncanakan dalam waktu dekat ketika pembangunan selesai, kuota haji dapat dinaikan hingga 50%. (wildan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY