Ini Dia Aktivitas Pelajar di Berbagai Negara Saat Libur Sekolah

247


Demosmagz.com – Liburan sekolah di semester ganjil biasanya berbarengan dengan momen perayaan hari raya Natal dan Tahun baru Masehi. Selama setengah bulan, pelajar di Indonesia memiliki jatah libur. Sangat disayangkan jika libur tersebut dihabiskan dengan santai dan bermalas-malasan saja.

Sebagai rekomendasi, sobat demagz bisa mengintip kegiatan pelajar di luar Negeri saat liburan. Seperti di Negara Singapura dan Australia mewajibkan pelajar untuk mengunjungi museum. Di sana sobat bisa mempelajari sejarah melalui benda-benda yang ada di museum tersebut. Selain sambil jalan-jalan, pengetahuan sobat pun bertambah.

Kemudian di negara paling terpelajar di dunia yaitu Finlandia, hal tersebut menurut studi oleh John Miller, presiden Universitas Central Connecticut State di New Britain. Disana, secara budaya negara ini sangat gemar membaca. Oleh karenanya, sobat demagz bisa menghabiskan liburan untuk membaca buku-buku bagus yang sobat demagz sukai.

Orang tua pun dapat ikut terlibat dalam mengisi libur sekolah anaknya. Seperti melakukan “Holiday Reading Program”, intinya sederhana, orang tua membelikan buku-buku baru, lalu ketika anak tersebut selesai membacanya, maka diberikanlah reward atau hadiah untuk sang anak.

Kemudian di Negara Malaysia, Singapore, Australia, ada program libur sekolah “Holiday Camp” program tersebut terpadu, menggabungkan antara kegiatan rekreasi, edukasi, dan kampanye cinta lingkungan. Piknik tersebut juga biasa dilakukan warga Finlandia dengan berkumpul di taman Kaivopuisto.

Berdasarkan survei di tahun 2016 oleh Brainly, kegiatan pelajar selama liburan diantaranya mengikuti kelas akademik tambahan seperti yang banyak dilakukan oleh pelajar Indonesia. Mengikuti kelas tambahan dapat membantu sobat dalam mengasah keterampilan. Karena di era sekarang, persaingan semakin ketat, apalagi jika tidak memiliki skill.

Namun di Amerika, Rusia, dan Brazil banyak menghabiskan waktu berlibur dengan berolahraga. Untuk menunjang perkembangan fisik, dapat melakukan olahraga seperti berenang, badminton, senam, jalan-jalan pagi, dan lain-lain, bisa juga melakukan kegiatan menari, atau menjahit.

Berdasarkan hasil survei tersebut menyatakan bahwa pelajar di Amerika Serikat  memanfaatkan libur sekolah dengan menambah uang jajan seperti bekerja part time. Namun di Indonesia masih belum menjadi tren. Kemudian di Eropa Utara melakukan travelling saat libur sekolah. Berwisata alam juga baik untuk menyegarkan pikiran, juga pergi ke kebun binatang akan asyik di kunjungi, sobat demagz juga akan lebih mengenal hewan-hewan dengan meliat secara langsung.

Selain itu, pilih juga kegiatan yang dapat menunjang kreativitas dan imajinasi, misalnya membuat kerajinan dari lilin atau tanah liat, melukis, menggambar komik, membuat puisi, dan menulis. Bisa juga dengan membuat kejutan atau hadiah untuk orang-orang terdekat. Banyak menonton film juga dapat mengembangkan kreativitas sobat.

Selain itu, bagi yang hobi memasak juga dapat mencoba menu-menu baru. Selain melakuakn hal-hal yang disenangi saat liburan, sobat demagz juga bisa menata ulang kamar agar lebih nyaman lagi. Kemudian memanjakan tubuh dengan melakukan perawatan juga boleh dicoba. Karena hal demikian akan membuat tubuh lebih rileks. Manfaatkan juga liburan sobat untuk melatih kemampuan bersosialisasi, misalnya dengan berbelanja di pasar tradisional, bersilaturahmi atau mengunjungi sanak saudara.

Libur sekolah juga merupakan kesempatan bagi sobat demagz untuk melakukan hal-hal baru yang belum pernah dikerjakan. Salah satunya dengan belajar berwirausaha dan hal lainnya yang belum sempat dilakukan ketika sobat aktif belajar di sekolah.(Ade)

Baca juga : Tidak Ada Anak Yang Bodoh, Lalu Perlukah Rangking Dalam Rapor?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY