Ini Dia 7 Bahaya Terlalu Sering Menahan Kentut

291
Ilustrasi

Demosmagz.com – Berbahagialah kita yang masih di anugrahi untuk dapat mengeluarkan gas kentut, Kentut adalah gas dari dalam tubuh yang perlu untuk dikeluarkan. Tapi, kebanyakan orang lebih memilih menahan kentut dikarenakan malu ketika sedang berada di tengah keramaian. Namun, bagi sebagian lainnya, hal tersebut bisa dianggap sebuah kewajaran. Karena pada dasarnya semua orang pun melakukan kentut.

Kentut sembarangan, biasa menjadi bahan olokan, bahkan bahan kritikan, karena dianggap sebagai suatu perbuatan tidak sopan, yang melanggar tata krama. Padahal, kentut merupakan suatu tanda bahwa sistem pencernaan Anda sehat dan bekerja dengan baik. Tak heran jika pasien pasca operasi, sangat menunggu kehadiran kentut, sebagai indikasi bahwa saluran pencernaannya sudah kembali normal.

Kentut disebabkan oleh udara  yang terjebak dalam perut yang berasal dari berbagai sumber. Beberapa di antaranya adalah udara yang ikut tertelan saat mengunyah makanan atau pada saat kita minum. Gas disebabkan oleh udara yang merembes dari darah ke usus, gas dihasilkan oleh reaksi kimia dalam usus atau bakteri yang hidup dalam usus kita.

Seberapa sering kita buang gas setiap harinya? Rata-rata orang buang gas atau kentut sekitar 14 kali setiap harinya. Jika seseorang buang gas atau kentut secara terus menerus selama 6 tahun,9 bulan, mereka akan menghasilkan gas dengan energi setara dengan bom atom. Wanita dan pria memiliki intensitas buang gas yang hampir sama perharinya, kebanyakan dari para wanita tidak mau atau enggan untuk mengakuinya hal tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pada saat pria dan wanita mengkonsumsi makanan yang sama persis, justru wanitalah yang cenderung memiliki konsentrasi gas yang lebih daripada pria.

Dan tahukah anda jika terlalu sering akan minimbulkan bahaya pada kesehatan tubuh? Tak hanya penyakit diverticula yang dikhawatirkan muncul akibat menahan kentut terlalu lama dalam perut, ada banyak bahaya lain mengintai. Dan berikut adalah 7 bahaya akibat sering menahan kentut.

  1. Kram perut

Gas yang menumpuk berlebihan pada salah satu bagian usus yang disebabkan menahan kentut bisa memicu kram pada perut. Perut akan merasakan sakit luar biasa seperti diremas – remas. Sebentar hilang sebentar kemudian terasa lagi. Terkadang, saat kram ini kumat Anda akan berteriak teriak sendiri karena tak tahan menahan sakit.

  1. Wasir

Dampak buruk menahan kentut berikutnya adalah terkena wasir. Hal ini terjadi karena organ dubur melakukan gerakan sangat berlebihan kala sedang menahan kentut sehingga membuat otot dubur menjadi tegang yang mengakibatkan semakin melebarnya pembuluh darah. Tidak heran bila saat buang air besar ada darah yang ikut keluar.

  1. Perut kembung

Gas terlalu menumpuk berlebihan dalam perut mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan yaitu kembung. Ini terjadi karena tertahannya gas alami yang sebenarnya harus dikeluarkan melalui kentut. Perut terasa agak buncit dan bila ditepuk mengeluarkan suara nyaring seperti kendang.

  1. Peritonitis

Peritonitis adalah peradangan yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada selaput rongga perut (peritoneum). Salah satu penyebab infeksi pada perut adalah menyebarnya bakteri atau jamur yang disebabkan karena luka atau adanya tumpahan kotoran usus. Bisa saja tumpahan itu terjadi karena berlebihan menahan kentut sehingga usus robek atau meledak dan menyebarkan isinya ke organ tubuh lain. Kondisi ini sangat serius dan memerlukan pertolongan medis dengan segera.

  1. Keracunan gas

Sebenarnya kentut sendiri bukanlah racun. Kentut adalah gas alami akibat proses pencernaan makanan dan minuman. Bila ditahan berlebihan dapat menyebabkan rongga usus mengalami tekanan parsial. Bila intensitasnya tinggi melebihi pembuluh darah pada dinding usus bisa beredar ke seluruh organ tubuh. Tubuh jadi keracunan gas.

  1. Sembelit makin parah

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu sering menahan kentut dapat menyebabkan meningkatnya tekanan pada usus besar yang memicu munculnya kantung – kantung kecil di lapisan usus besar atau divertikular. Bila sebelumnya sering mengalami sembelit, kondisi ini akan makin memperparah sembelit Anda.

  1. Cepirit

Yakin, inilah akibat buruk menahan kentut yang bisa bikin Anda malu sendiri, meski tak ada orang lain yang tahu.

Saat ditahan terlalu lama dalam perut, gas kentut akan terakumulasi jadi jadi gas hidrogen sulfida pada usus. Pada banyak orang yang sedang mengalami gangguan pada pencernaan, gas ini dapat keluar dengan sendirinya meskipun sudah ditahan sedemikian rupa dengan bercampur sedikit cairan atau ampas tinja. Kondisi ini yang sering disebut cepirit.

Itulah bahaya yang bisa terjadi akibat sering menahan kentut. Makanya, bila sudah terasa ingin kentut ya kentut saja, karena dengan kentut berarti sudah menjauhkan diri dari berbagai penyakit yang membahayakan tubuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Di kutip dari berbagai sumber, (kahar).

Baca Juga : Terbukti! Ini Dia Manfaat Tanaman Pacar Cina Untuk Kesehatan

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY