Ini Daftar Pasar Di Kabupaten Cirebon Dengan Pedagang Terbanyak

1756

 

Cirebon, Demosmagz.com Pasar tradisional dimanapun dan bagaimanapun akan senantiasa menjadi denyut ekonomi disuatu daerah. Sekalipun swalayan megah telah berdiri atau mini market telah menjamur disana sini, pasar tradisional selalu punya tempat di hati masyarakat. Entah alasanya karena harga lebih murah, kualitas lebih baik sampai sensasi tawar menawar yang akan sulit di jumpai di super market atau pusat jual beli lainya.

Di Cirebon, tepatnya di Kabupaten Cirebon kita mengenal banyak sekali pasar yang selalu ramai setiap harinya. Kita dapat menjumpai pasar di hampir tiap sudut Kabupaten. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cirebon mencatat setidaknya ada delapan pasar tradisional yang berada di bawah naungan Disperindag Kabupaten Cirebon. Kedelapanya diantara adalah Pasar Sumber, Pasar Kue Weru, Pasar Babakan, Pasar Ciledug, Pasar Cipejeuh, Pasar Pasalaran (Plered), Pasar Jamblang dan Pasar Palimanan. Tapi tahukah sobat demagz diantara kedelapan pasar yang dibawah naungan Kabupaten itu, pasar manakah yang menjadi pasar terluas dan sekaligus ternbanyak pedagangnya?

Ternyata, dari data yang di unggah oleh Disperindag Kabupaten Cirebon di laman resminya mnyebut bahwa pada tahun lalu, Pasar Pasalaran atau yang hafal disebut Pasar Plered lah sebagai pasar dengan wilayah terluas dan Pedagang Terbanyak. Dari data tersebut disebutkan bahwa  luas pasar Plered mencapai  9.290M2 dengan jumlah pedagang yang tercatat sejumlah 1347 orang. Akan tetapi sangat disayangkan beberapa waktu lalu pasar kebanggaan warga plered itu di lalap si jago merah. bangunanyapun hampir seluruhnya terbakar. Hingga tulisan ini di buat pedagang Pasar Pasalaran masih berjualan di Pasar Darurat.

Jumlah banyaknya pedagang di Plered memang cukup banyak, sebagai perbandingan di tempat ke dua ada Pasar Ciledug yang tercatat memiliki jumlah pedagang mencapai 529 orang dengan luas 7.015m2. Sementara itu untuk pasar dengan jumlah pedagang paling sedikit adalah pasar Kueh Weru dengan pedagang yang tercatat hanya 68 orang dengan luas pasar hanya 1.930m2

Berikut adalah data Pasar di Cirebon dengan jumlah pedagang serta luas wlayahnya :

Pasar Palimanan : Jumlah Pedagang : 382 Orang, Luas Pasar 2.990M2

Pasar Jamblang  : Jumlah Pedagang : 324 Orang, Luas Pasar 4.845M2

Pasar Sumber : Jumlah Pedagang : 449 Orang, Luas Pasar 5.330M2

Pasar Pasalaran : Jumlah Pedagang : 1347, Luas Pasar 9290M2

Pasar Kueh Weru : Jumlah Pedagang : 68 Orang, Luas Pasar 1930M2

Pasar Cipeujeuh : Jumlah Pedagang : 201 Orang, Luas Pasar 2.480M2

Pasar Babakan : Jumlah Pedagang : 1296 Orang Luas Pasar 2.080 M2

Pasar Ciledug : Jumlah Pedagang 529 Orang, Luas Pasar 7.015M2

Data Diatas adalah data tahun 2015, sebetulnya di Kabupaten Cirebon sendiri terdapat banyak pasar lain akan tetapi di kelola oleh pemerintah kecamatan bukan pemerintah Kabupaten seperti Pasar Karang Sembung, Pasar Pabuaran, ataupun Pasar Tegal Gubug dan masih banyak lagi.

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY