Ini 4 Kesalahan Mengisi Daya Smartphone yang Ternyata Mitos

236


Tekno, Demosmagz.com Smartphone saat ini menjadi salah satu kebutuhan manusia saat ini untuk terus terhubung dengan kolega, teman, dan keluarganya.. Salah satu komponen pendukung smartphone adalah baterai, daya baterai yang tahan lama adalah dambaan para pengguna smartphone, kalau kita googling ternyata sangat banyak sekali tips atau cara membuat baterai tahan lama. Setelah demosmagz telusuri tips tersebut ternyata ada juga yang salah kaprah.
Dibawah ini adalah berbagai tips membuat baterai tahan lama yang dianggap mitos atau tidak berpengaruh :

1. Jangan memakai smartphone ketika sedang di-charge
Semenjak dahulu pernyataan ini selalu ada, akibatnya adalah baterai bocor, bocor yang dimaksud adalah tiba tiba baterai habis dengan cepat. Saat ini pernyataan tersebut adalah mitos. Smartphone kekinian telah mempunyai sistem otomatis ketika sedang dicharge, dan smartphone tetap terisi dengan normal.

2. Segera cabut charge ketika baterai sudah penuh
Hal ini terjadi ketika pengguna smartphone ingin tidur di malam hari, biasanya mereka men charge smartphonenya sebelum tidur dan ketika bangun tidur smartphone sudah terisi penuh dan siap menjalankan aktivitas, sebelumnya hal ini dikatakan salah dan akan merusak baterai, saat ini pernyataan tersebut adalah mitos. Kekinian sistem smartphone sudah canggih dan ketika sudah penuh smartphone pada umumnya mengganti mode otomatis dan bisa memutus arus listrik ketika penuh.

3. Baterai Harus Diisi Dengan Charger Bawaan
Dikatakan dalam mitos ini bahwa seharusnya smartphone di isi dengan charger bawaan jika ingin kualitas baterai tetap terjaga dengan baik. Mitos ini tentu saja tidak benar. Beberapa charger berkualitas buruk memang bisa berbahaya buat smartphone. Namun bukan berarti Anda harus selalu memakai charger bawaan smartphone untuk mengisi baterainya. Apalagi jika smartphone Anda menggunakan Charger USB yang penggunaannya bisa dipakai untuk mengisi jenis baterai smartphone apapun.

4. Selalu Charge Baterai Hingga 100% dan Pakai Hingga Habis Sebelum Di-charge
Pernyataan tersebut adalah mitos. Hal yang harus kamu perhatikan dengan seksama dan yang mungkin banyak dilupakan oleh setiap pengguna adalah siklus charge. Faktor ini justru yang paling penting dari menjaga kualitas baterai. Semakin sering kamu melakukan proses charge, maka kualitas dari baterai tersebut akan menurun secara berkala. Mitos mengenai harus menghabiskan baterai sebelum di-charge kembali merupakan faktor yang terjadi ketika kamu menggunakan baterai Nickel-Cadmium. Baterai jenis tersebut memiliki memori yang akan mengkristal (mengendap) apabila tidak digunakan hingga habis. Tapi kita kini menggunakan baterai Li-Ion dan Li-Po yang lebih mutakhir dan hukum tersebut sudah tidak berlaku lagi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY