Ingin Tetap Kenyang Saat Puasa? Ini Tipsnya!

166

Demosmagz.com – Sahur merupakan aktivitas dianjurkan bagi umat islam yang hendak menjalankan puasa, oleh karenanya sahur dianggap sunah yang jika dilakukan mendapat pahala. Selain itu, sahur dijadikan bekal energi untuk berpuasa seharian penuh. Akan tetapi sobat demagz perlu berhati-hati memilih menu makanan untuk sahur, jangan sampai makanan tersebut justru menghambat puasa kita.

Sobat perlu memperbanyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi, usahakan juga mengkonsumsi makanan yang baru di masak agar kandungan gizi yang di konsumsi tidak hilang. Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti memilih nasi merah daripada nasi putih atau roti gandum daripada roti putih.

Selain karbohidrat, diperlukan juga zat besi yang dapat diperoleh dari buah-buahan, protein hewani dan nabati, sempurnakan juga sahur sobat dengan makanan yang mengandung magnesium dan potassium yang bisa di temukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon.

Adapun menu makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur diantaranya :

  1. Telur

Telur mengandung protein yang tinggi sehingga dapat membuat tubuh sobat lebih bertenaga dan tidak mudah lesu.

  1. Sup

Sup sayuran baik dikonsumsi saat sahur karena mengandung cukup serat. Selain sup, sebaiknya konsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, buncis dan lain-lain.

  1. Susu

Kalsium pada susu berkhasiat untuk memecahkan sel-sel lemak.

  1. Ikan

Kandungan omega-3 pada Ikan berlemak sehat seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden dapat menurunkan tingkat kolesterol  dalam darah serta melancarkan proses metabolisme.

  1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat yang tinggi sehingga baik di konsumsi saat sahur agar mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama.

  1. Apel

Kandungan vitamin C dapat membantu sobat demagz terhindar dari sariawan, selain itu, serat pada buah apel dapat mengenyangkan dalam waktu yang cukup lama.

  1. Coklat hitam

Selain enak, coklat memberikan efek kenyang lebih lama dan dapat mengurangi tekanan darah serta melindugi kesehatan otak dan jantung.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein dan serat yang tinggi, makanan ini akan dicerna oleh tubuh lebih lama, sehingga sobat demagz akan merasa kenyang lebih lama.

  1. Kentang

Konsumsi kentang akan lebih mengenyangkan dibandingkan denga roti.

  1. Makanan lainnya yang membuat kenyang lebih lama seperti Keju, Pasta, Pop corn, dan selai kacang untuk dimakan dengan roti.

Agar tidak bosan, sobat demagz dapat melakukan variasi menu untuk menggugah selera makan, seperti roti gandum dengan telur rebus dan daging asap. Kemudian kentang panggang dengan brokoli, keju, dan daging asap, serta sup hangat dan variasi lainnya sesuai selera sobat demagz.

Tetapi, sebaiknya menghindari makanan yang digoreng dan berkuah santan, karena mengkonsumsi lemak yang berlebih dapat memicu kantuk dan akan cepat mengalami dehidrasi. Selain itu, hindari makanan manis yang banyak mengandung gula, karena akan membuat sobat demagz cepat merasa lapar. Lalu, jangan minum teh manis dan kopi saat sahur karena akan membuat sobat demagz lebih sering buang air kecil dan membuang banyak mineral alami dalam tubuh kita.(ade)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY