Ingin Mudah Membuat SKCK ? Inilah Prosedur Pembuatannya di Kota Cirebon

272

Demosmagz.com – Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau disingkat SKCK adalah surat keterangan dari kepolisian, biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan baik menjadi pegawai negeri ataupun swasta.

SKCK berisi informasi pemohon, berisi tentang ada tidaknya kasus kriminalitas atau kejahatan yang dilakukan pemohon.

Beberapa kota di Indonesia sudah menerapkan pendaftaran SKCK secara online, sedangkan di kota Cirebon saat ini masih belum menerapkannya. Meskipun begitu, proses pembuatan SKCK manual bisa dilayani dengan cepat, Kecuali jika dalam kondisi mengantri.

Ada beberapa syarat dalam pembuatan SKCK, diantaranya harus melalui proses pengurusan yang dilakukan di beberapa instansi pemerintah yang berada sekitar tempat tinggal orang yang bersangkutan. Seperti ke RT, RW, lurah, dan camat.

Kemudian, sobat mendatangi polsek atau polres kota Cirebon dengan membawa surat pengantar, dan fotokopi KTP. Sebelum membuat SKCK, sobat demagz perlu memeriksa sidik jari dengan melampirkan fotokopi KTP, pas foto 2×3, 3×4, dan 4×6 masing-masing 1 lembar dengan membayar biaya sekitar Rp 10.000.

Barulah mendaftar untuk pembuatan SKCK dengan mengisi formulir, melampirkan pengantaran pengantar, fotokopi kartu sidik jari, fotokopi KTP dan kartu keluarga, serta foto 3×4 sebanyak 2 lembar dan 4×6 sebanyak 3 lembar. Foto tersebut harus bagrond merah. Pembuatan SKCK dikenakan biaya Rp 30.000.

SKCK untuk pelamaran pekerjaan di perusahaan swasta diterbitkan oleh Polsek (Kepolisian Sektor), sedangkan untuk CPNS, BUMN, dan luar negeri diterbitkan oleh Polres (Kepolisian Resor).

Sebagai informasi, masa berlaku SKCK yaitu 6 bulan. Jika masa berlaku habis disarankan untuk segera memperpanjangnya. Cara memperpanjang sama dengan persyaratan membuat SKCK, namun tak perlu membuat surat pengantar RT, RW dan lurah.

Pembuatan SKCK biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan, akan tetapi tidak semua perusahaan mensyaratkan kepada calon pegawai untuk melampirkan SKCK.(Ade)

Baca Juga :

Homeschooling Bisa Jadi Alternatif Pilihan Pendidikan Anak

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY