Hati-Hati Virus! Perhatikan 4 Tips Ini Sebelum Download Aplikasi

196

Demosmagz.com – Aplikasi adalah muatan smartphone dengan berbagai macam fungsi yang bisa didownload di berbagai sumber juga. Semakin menjamurnya developer aplikasi maka harus semakin selektif dalam memilih aplikasi, bisa saja aplikasi yang kita download mengandung virus, malware atau semacamnya.

Semua harus ditinjau dari keamanan aplikasi mengingat banyak data pribadi yang disimpan, dan umumnya pengguna hanya melihat logo dan size ketika ingin mendownload aplikasi. Maka dari itu demosmagz akan membahas apa yang harus di cek sebelum sobat demagz mendownload aplikasi .

  1. Cek Developer Atau Pembuat Aplikasi
    Tidak banyak yang memperhatikan kesesuaian antara aplikasi dengan perusahaan yang secara resmi membuatnya. Saat hendak mengunduh aplikasi melalui App Store atau Play Store misalnya, umumnya orang melihat ulasan apakah perangkat lunak tersebut dapat berjalan dengan baik.2. Toko aplikasi yang resmi
    Usahakan mengunduh dari toko resmi penyedia aplikasi, misalnya Play Store untuk perangkat Android dan App Store untuk iOS. Tempat seperti itu umumnya menyeleksi aplikasi yang akan masuk ke toko mereka sebelum dapat diunduh oleh para pengguna.

    3. Baca ulasan (Review)
    Sebelum memasang aplikasi tersebut, baca ulasan-ulasan yang diberikan oleh mereka yang pernah menggunakan perangkat lunak tersebut, terutama bila akan memasang aplikasi open source.
    “Kalau ada yang komplain, waspada,” kata dia.

    4. Cek sumber

    Bila sudah mengunduh aplikasi tersebut, ada baiknya mengecek source, atau sumber aplikasi tersebut. Hal ini berlaku juga untuk aplikasi yang berasal dari browser. Ia menyarankan untuk menggunakan antivirus yang dapat mengecek source aplikasi tersebut untuk mempermudah pekerjaan.(reja)

Baca Juga : 4 Tips Mengenali Kualitas Powerbank

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY