Hari Pohon Sedunia, Masyarakat Cirebon Ramai-Ramai Tanam Mangrove

460
penanaman pohon mangrove di gunung jati cirebon

Cirebon, Demosmagz.com Dalam memperingati hari pohon internasional dan hari pohon nasional sanggar lingkungan hidup  cirebon melakukan kegiatan penanaman sedekah pohon dengan menanam mangrove dipesisir kabupaten cirebon. Kegiatan yang dilakukan di desa jadimulya kecamatan gunungjati kabupaten cirebon ini berlangsung dari pukul 8.30 WIB dan diikuti oleh banyak elemen masyarakat yang peduli terhadap kelestarian.

Selain melakukan penanaman mangrove, acara tersebut bertujuan untuk mengenalkan pentingnya hutan mangrove dalam mencegah abrasi. Peserta yang berpartisipasi mayoritas adalah pelajar SMP dan SMA wilayah Kabupaten Cirebon yang terlihat antusias dalam melakukan penaman mangrove.

Dalam sambutannya kepala dinas perikanan dan kelautan kabupaten cirebon menyampaikan ucapan terimakasih kepada penggiat lingkungan hidup yang dapat bersinergi dalam program menjaga wilayah pesisir kabupaten cirebon.

”Saya berterimakasih kepada adik-adik semua dan berharap gerakan ini terus berlanjut dimana wilayah kabupaten yang sangat luas dari bungko sampai ambulu dengan  luas garis pantai 54 km adalah tanggung jawab kita bersama untuk menjaga kelestariannya dari abrasi dengan penanaman mangrove yang terus kita gencarkan di kedinasan kita”.

Selanjutnya salah satu pelopor gerakan lestari lingkungan pesisir kabupaten cirebon  fakhrudin dalam sambutannya menjelaskan bahwa menjaga kelestarian pohon tidak hanya dilakukan didarat tetapi juga dapat di lakukan di laut

“menjaga kelestarian lingkungan bukan hanya menanam pohon didarat tetapi pesisir pantai juga harus dijaga kelestarianya, menjaga kelestarian daerah pesisir adalah dengan penanaman mangrove, banyak jenis mangrove tetapi untuk hari ini  kita menanam mangrove dengan genus Rhizophora,  spesies yang kita taman adalah Rhizophora  Mucronata dan Rhizophora stylosa yang tujuannya untuk menahan laju abrasi dipesisir kabupaten cirebon”

Fakhrudin juga berharap penanaman mangrove pagi tadi dapat berdampak baik bagi ekosistem pantai juga dapat mengurangi abrasi

“semoga apa yang kita tanam hari ini bisa menciptakan hutan mangrove dan mengurangi abrasi wilayah peseisir di kabupaten cirebon”.

Carinita  salah satu panitia  dari sanggar lingkungan hidup memberikan penjelasan bahwa pentingnya lingkungan menjadi tanggung jawab kita semua, salah satunya dengan penaman mangrove di pesisir pantai. Selain itu  kegiatan ini juga  merupakan wadah edukasi kepada para pelajar agar bisa menjadi generasi penerus yang dapat menjaga kelestarian lingkungan daerahnya.   (RAJ)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY