Hari Peduli Sampah Nasional, Pemerintah Ajak Seluruh Daerah Bersih-Bersih Pantai dan Laut

252

Demosmagz.com – Permasalahan sampah menjadi tanggung jawab setiap elemen masyarakat, menurut data yang dikeluarkan oleh sekretariat adipura tahun 2016 pertambahan volume sampah plastik di 22 kota metropolitan di Indonesia terus bertambah. Sampah plastik menjadi momok terhadap keberlangsungan lingkungan kita. Sampah plastik yang sulit di urai akan merusak setiap pertumbuhan tanaman baik di daratan maupun perairan. Pertambahan volume timbulan sampah plastik bertambah dengan angka signifikan dan pada thun 2015 sudah mencapai 1,2 juta meter3/ tahun. Kondisi ini menjadi perhatian dan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat di seluruh daerah.

 

Sumber Data : sekretariat  adipura KLHK,2016

Dalam upaya menggulangi kondisi terus bertambahnya volume timbulan sampah pemerintah dalam hal ini kementerian lingkungan hidup dan hutan terus melakukan upaya upaya dengan daerah seperti himbauan untuk melaksanakan kegiatan kampaye peduli sampah di hari peduli sampah nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari hari ini. Peristiwa longsor yang terjadi di TPA leuwi gajah 21 Februari  tahun 2005 yang memakan korban 141 orang meninggal, 6 orang terluka menjadi teguran kepada semua elemen masyarakat akan bahaya sampah, dan tanggal terjadinya peristiwa tersebut dijadikan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) oleh pemerintah.

Untuk memperingati HPSN pada tahun ini kementrian lingkungan hidup mengeluarkan surat edaran pada tanggal 20 Februari 2017 kepada seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota di Indonesia tentang pelaksanaan hari peduli sampah nasional. Isi surat tersebut memberikan arahan ke seluruh pemimpin daerah di Indonesia untuk acara puncak HSPN lebih terfokus pada aktivitas serentak dalam bentuk bersih-bersih pantai dan laut. Fokus HSPN 2017 dimana daerah pesisir menjadi konsentrasi kegiatan dilatar belakangi hasil penelitian Jambeck Jane 2015 yang berjudul “plastic waste inputs from land into the ocean” yang menyatakan bahwa potensi sampah plastik yang ada di lautan Indonesia  mencapai 187,2 juta ton per tahun, hasil penelitian tersebut menjadikan negara kita sebagai negara kedua terbesar dalam menyumbang sampah kelautan setelah Cina.

HSPN 2017 bertujuan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat Indonesia mulai dari pribadi, komunitas, hingga bangsa, dalam mengelola sampah untuk mewujudkan Indonesia bersih sampah 2020 dan memperkuat komitmen negara Indonesia sebagai negara destinasi wisata bahari dunia yang berkelanjutan. Dengan tag line acara puncak HSPN 2017 “Nenek moyangku orang pelaut bukan pembuang sampah ke laut”, dengan tagline tersebut Kementrian lingkungan hidup dan hutan berharap tujuan HSPN dapat tercapai. (RAJ)

Baca Juga :

Saluran Pembuangan Air Yang Tidak Jelas Sebabkan Cirebon Rawan Banjir

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY