Halte Idaman Penunggu Angkutan Kota

343

halte idaman
Demosmagz.com – Kota Cirebon  yang terletak di pesisir pantai utara memiliki cuaca yang terasa panas pada siang hari. Kondisi tersebut terkadang membuat ketidaknyamanan warga yang beraktifitas. Terutama di jalan utama yang minim akan rimbunnya tanaman peneduh membuat cuaca terasa amat panas dan gersang. Bagi kami “Tim Demosmagz” (TD) kota Cirebon yang akan menuju kota metropolitan seharusnya mulai meningkatkan fasilitas-fasilitas umum terutama bagi pejalan kaki dan pengguna angkutan kota (angkot). TD memberikan usulan harus ada sebuah tempat yang weunak alias nyaman khususnya dijalur jalur utama yang memiliki trafik padat baik hilir mudik pejalan kaki maupun naik turunnya penumpang angkot.

Maka TD berimajinasi ide mengusulkan harus ada halte yang nyaman dan memanjakan para pejalan kaki untuk beristirahat dan para penunggu angkot agar lebih nyaman. TD akan menyebut tempat tersebut Halte Posisi Wuenak (H-PW) ini merupakan konsepan yang  sebenarnya sudah digunakan oleh banyak negara-negara sejahtera di eropa, perbedaannya H-PW selain memberi kenyamanan juga memberikan edukasi mengenai kearifan lokal yang ada di Cirebon dan sekitarnya.

Dalam imajinasi ide TD fasilitas yang diberikan H-PW harus mengandung beberapa prinsip yaitu wuenak ning awak, wuenak ning mata ,wuenak ning pikiran, wuenak ning ati, aman, dan pintar. Wuenak ning awak berarti H-PW harus memberikan kenyamanan kepada tubuh seperti adanya fasilitas pendingin ruangan, kursi penunggu yang empuk dan fasilitas air segar langsung minum. Prinsip Wuenak ning mata berarti H-PW harus memberikan fasilitas berupa pemandangan mata yang menyegarkan hal ini bisa diaplikasikan dengan desain interior berupa tanaman hias segar dengan sistem hidroponik vertikal dipadukan dengan background keindahan alam Cirebon. Wuenak ning pikiran berarti H-PW memberikan fasilitas yang dapat memberikan relaksasi seperti adanya alunan musik dan aroma terapi.  Wuenak ning ati berarti H-PW memberikan fasilitas yang dapat menghilangkan kegundahan hati, biasanya kegundahan hati ketika kita berada dijalan seperti HP lowbat dan kuota limit, maka harus ada fasilitas charge dan wifi gratis. Untuk  prinsip Aman Fasilitas pendukung   yang wajib ada yaitu CCTV dan tombol kedaaan darurat yang terhubung dengan pos polisi. Prinsip pintar  fasilitas yang wajib ada seperti dinding Weru belih untuk ulasan tentang kearifan lokal,  tempat sampah edukatif, serta  screen pintar mengenai informasi.

Pertanyaannya apakah bisa terwujud konsep halte yang sangat nyaman dan memberikan Posisi Wuenak ini, menurut TD jawabannya bisa. Hal tersebut bisa terwujud  asalkan pemerintah bertindak cerdas dalam menjalin kerjasama dengan pihak-pihak swasta yang ada di kota Cirebon, yaitu dengan pengoptimalan kewajiban pihak swasta seperti dana CSR. Jika pemerintah setempat selaku pemangku kebijakan bisa seperti itu maka imajinasi ide akan berubah menjadi ide yang terwujudkan yaitu HALTE POSISI WUENAK (H-PW). Amin.(Rangga)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY