Grand Final Jakarara Kota Cirebon 2017 : Launching Aplikasi Jakarara

139

Demosmagz.com – Grand final Jaka Rara 2017 di Kota Cirebon akan dilaksanakan pada 21 Mei 2017 mendatang. Bertempat di Swiss Bell hotel Cirebon mulai pukul 19.00 – 23.00 WIB. Yang menarik dari Jaka Rara tahun ini adalah akan ada peluncuran aplikasi jakara yang memuat informasi seputar pariwisata yang ada di Cirebon.

Adanya ajang pemilihan duta budaya dan pariwisata tersebut bukan semata-mata memiliki kelebihan di fisik saja, melainkan bertujuan untuk fokus membangun pariwisata di kota Cirebon. Adanya akses ke Cirebon dan banyaknya hotel merupakan peluang untuk lebih mengenalkan pariwisata di Cirebon.

“Tidak yang gnteng-ganteng dan cantik-cantik saja, tidak seperti itu tetapi di fokuskan membangun pariwisata kota Cirebon. Ada akses Cipali, dibangunnya BIJB, banyak hotel-hotel dimana-mana, investor mulai ke Cirebon. Kami pemuda rugi kalau tidak bisa memanfaatkan itu.” Ujar Halilintar melalui konferensi pers pada Kamis, 04 Mei 2017 di Aula Gedung Disporbudpar kota Cirebon.

Kemudian, paguyuban jakara kota Cirebon memiliki inisiatif dengan meluncurkan aplikasi jakarara yang memuat informasi seputar pariwisata yang ada Cirebon, khususnya kota Cirebon. Di kemas dengan tampilan yang menarik sehingga memudahkan dalam menggali informasi tentang pariwisata yang ada di Cirebon.

“di dalam aplikasi bisa melihat virtual tool, misalnya ada apa saja di keraton Kasepuhan beserta informasi lainnya.” ujarnya

Halilintar juga mengatakan jangan hanya ada “slogan Visit Cirebon” nya saja. Namun dibuatlah pengunjung menjadi benar-benar nyaman.

Satu lagi yang menarik, warga Cirebon pun dapat unjuk gigi lewat aplikasi jakarara yang akan launching saat grand final jakarara 2017 mendatang.

“Bagi yang memiliki usaha, misalnya batik atau apa saja bisa mendaftarkan disini.” Katanya.

Saat launching aplikasi, sudah ada beberapa konten seputar pariwisata kota Cirebon seperti wisata kuliner, religi, belanja, dan lan-lain.

Sementara itu, dari sepuluh finalis pasangan jaka dan rara akan dipilih jaka dan rara utama, madya, dan muda. Kemudian adapula juara atribut seperti juara persahabatan, fotogenik dan juara favorit yang dipilih lewat jumlah like di instagram.

“Pengumuman juara akan diumumkan saat grand final. Penilaiannya pun dari awal audisi hingga saat acara grand final nanti. Sebagai duta budaya dan pariwisata, bukan hanya penampilannya saja, tetapi dituntut memiliki kepribadian yang baik, etika dan kesopanan, wawasan yang luas dan memiliki banyak pengetahuan. Mereka dijadikan contoh khususnya pemuda.” Ujar Fahrul saleh, selaku ketua pelaksana.

Adapun kegiatan setelah terpilihnya jaka dan rara kota Cirebon menurut Fahrul adalah berpartisipasi dalam kegiatan budaya dan pariwisata serta ikut mengembangkan pariwisata yang ada di kota Cirebon.(Ade)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY