FKBM Bantu Komunitas Sebagai Bentuk Pelestarian Budaya

243

Demosmagz.com – Direktorat Jendral Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi memberikan bantuan kepada komunitas budaya yang membutuhkan. Tujuannya agar  dapat dimanfaatkan  untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Permohonan proposal pengajuan dana tersebut akan di tutup hingga 15 Februari 2017.

Besaran dana FKBM (Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat) yang diberikan sesuai yang di ajukan dan telah di verifikasi. Dana yang berasal dari APBN ini diperuntukkan untuk pembelian alat-alat penunjang kegiatan (Alat Musik, Pakaian, dan lainnya), Kemudian Rehabilitasi, renovasi pusat kegiatan atau Penyelenggaraan upacara adat dan tradisi.

Sasarannya adalah Komunitas Budaya di wilayah Indonesia, terdiri atas : Keraton, komunitas Adat, Lembaga Adat (organisasi kemasyarakatan formal),Sanggar Seni,  Organisasi Penghayat Kepercayaan (wadah berhimpunnya para penghayat kepercayaan), Komunitas Tradisi (wadah berhimpunnya masyarakat dengan berbagai latar belakang yang spesifik dalam rangka melestarikan tradisi yang hampir punah).

Sebagai pengajuan proposal, FKBM 2017 mengangkat tema Kedaulatan Pangan, atau Maritim dan Kelautan, atau Pembangunan Pariwisata.

FKBM adalah bentuk fasilitasi dari pemerintah kepada komunitas budaya yang dimanfaatkan untuk revitalisasi, pemberdayaan dan peningkatan kualitas keberadaan komunitas budaya dalam rangka pelestarian kebudayaan.

Info lebih lanjut di Kemendikbud.banpem.com.(Ade)

Baca Juga :

Ini Dia Daftar Bangunan Cagar Budaya Yang Ada di Kota Cirebon

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY